Halaqoh Kebangsaan, Ulama Garut dan Tasikmalaya Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud

Jum'at, 17 November 2023 - 11:25 WIB
loading...
Halaqoh Kebangsaan, Ulama Garut dan Tasikmalaya Sepakat Dukung Ganjar-Mahfud
Sejumlah ulama pimpinan ponpes sepakat mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024 usai mengikuti halaqoh kebangsaan di Ponpes Al-Kamilah, Kabupaten Garut, kamis (16/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
GARUT - Sejumlah ulama pimpinan ponpes di Garut dan Tasikmalaya sepakat mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024 . Kesepakatan para ulama yang tergabung dalam Jaringan Ahlussunah Wal Jamaah Indonesia itu diambil usai mengikuti halaqoh kebangsaan di Ponpes Al-Kamilah di Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.

Pengasuh Ponpes Al-Kamilah Aceng Ahmad Jalaludin mengatakan, halaqoh kebangsaan digelar sebagai ruang diskusi untuk menentukan sosok presiden dan wapres yang paling ideal memimpin bangsa. "Alhamdulillah berkat diskusi di halaqoh ini kita bisa menentukan bahwa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bisa kita jadikan rujukan untuk memimpin Indonesia di tahun 2024," katanya, Kamis (16/11/2023).

Halaqoh ini menjadi diskusi untuk menentukan arah dukungan sejumlah ulama dan kiai di Garut dan Tasikmalaya. Berbagai unsur dipertimbangkan dalam diskusi tersebut.

Para ulama dan kiai ini meyakini bahwa figur yang mereka dukung harus dapat menegakan hukum tanpa pandang bulu. ”Pilpres 2024 juga harus dilihat bukan sebagai perebutan kekuasaan semata, namun kontestasi masa depan bangsa dan negara,” ujarnya.

Aceng menjelaskan, salah satu alasa pihaknya memilih Ganjar adalah karena kedekatannya dengan masyarakat. Ganjar tidak pernah membuat sekat dengan masyarakat. "Pak Ganjar Pranowo itu sangat dekat dengan masyarakat dan berintegritas. Beliau dengan masyarakat itu tidak ada jarak," lanjutnya.

Sosok Ganjar diharapkan membawa kesejahteraan ponpes di seluruh Indonesia. Aceng meyakini, Ganjar-Mahfud mampu meningkatkan pengembangan ponpes di Indonesia melalui program kemandirian ekonomi pesantren yang diketahui pernah dia gagas di Jateng.

Usai diskusi, para ulama berkomitmen terus memberikan dukungan kepada pasangan dengan nomor urut tiga tersebut. "Kalau santri di daerah itu, santri-santrinya banyak yang kurang mampu. Dengan terpilihnya Pak Ganjar dan Pak Mahfud ini bisa meningkatkan ekonomi pesantren tersebut," tandasnya.

Pimpinan Ponpes Darut Taqwa Garut KH Uus Koswara yakin Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang paling cocok untuk memimpin bangsa. Ganjar-Mahfud adalah figur agamis dan nasionalis yang cerdas serta berintelektual tinggi.

Terlebih keduanya berada di usia yang pas untuk menjadi presiden dan wakil presiden. "Oleh karena itu, kami sepakat dengan para kiai nanti di Pilpres 2024 kami akan menyalurkan aspirasi dukungan kami kepada nomor tiga, yaitu Pak Ganjar dan Pak Mahfud," tegasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)