Semarang Bangun Sirkuit Balap dengan Panorama Menawan

Kamis, 26 Oktober 2017 - 20:18 WIB
Semarang Bangun Sirkuit Balap dengan Panorama Menawan
Semarang Bangun Sirkuit Balap dengan Panorama Menawan
A A A
SEMARANG - Sebuah sirkuit berkelas nasional dengan pemandangan cantik kawasan pegunungan tengah dibangun Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lintasan balap sepanjang 2,7 kilometer di atas lahan seluas 5,1 hektare tersebut, tak sekadar menjadi arena adu adrenalin tetapi sekaligus sebagai alternatif wisata.

Sirkuit yang berada di ketinggian Kecamatan Mijen itu memiliki latar belakang panorama Gunung Ungaran. Udara di kawasan ini relatif sejuk, sehingga bakal menjadi daya tarik pengunjung betah berlama-lama. Apalagi, terdengar suara gemericik air sungai yang kian mempercantik indahnya alam.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan, Sirkuit Mijen akan menjadi ikon baru Kota Semarang dengan keindahan alam di sekitarnya.

Dia berharap, pembangunan lintasan balap bisa selesai tahun ini. Saat ini, sejumlah pekerja masih sibuk mengerjakan pengurukan lintasan sirkuit serta melakukan pengerukan tanah.

"Setelah saya lihat pemandangannya (sekitar sirkuit) luar biasa indah. Harapannya ini jadi ikon Kota Semarang. Kita cek per hari ini telah 44 persen. Jadi sesuai target. Direncanakan nanti awal Desember pembangunan lintasan sirkuit akan selesai,' ujar pria yang akrab disapa Hendi itu di lokasi pembangunan sirkuit, Kamis (26/10/2017).

Pembangunan Sirkuit Mijen menelan anggaran sebesar Rp135 miliar dari APBD Kota Semarang dan ditarget selesai pada 2018. Konsep sirkuit panoramik itu nantinya akan multi-event sport, dengan dilengkapi arena gokart, drag race, slalom, serta paddock. Selain itu, juga terdapat tribun dan panggung besar untuk berbagai kegiatan.

"Dua tahun anggaran akan selesai tapi perlu tambahan satu tahun untuk penyempurnaan agar segmennya jadi indah dan menarik. Evaluasinya tadi ada tikungan yang kita pikir cukup berbahaya karena ujungnya adalah tebing yang curam. Saya minta pihak pengawas dan dinas untuk dipasang tanggul pengaman," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9743 seconds (0.1#10.140)