Pandawa Ganjar Edukasi Cegah Peredaran Narkoba di Sidoarjo

Senin, 13 November 2023 - 12:27 WIB
loading...
Pandawa Ganjar Edukasi Cegah Peredaran Narkoba di Sidoarjo
Relawan Pandawa Ganjar menggelar penyuluhan dampak bahaya narkoba di Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo Minggu (12/11/2023) malam. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SIDOARJO - Relawan Pandawa Ganjar menggelar penyuluhan dampak bahaya narkoba kepada masyarakat. Kegiatan ini mengedukasi warga tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahaya narkoba.

“Alhamdulillah acara berjalan cukup lancar. Yang kami sampaikan di sini adalah dampak-dampak dari narkoba khususnya bagi anak muda saat ini,” kata Novan Pahlevi, pengisi materi penyuluhan tersebut di Desa Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo Minggu (12/11/2023) malam.

Dalam pemaparannya, dia menyoroti tentang bahaya narkoba terhadap generasi muda yang bisa merusak fisik maupun mental mereka. Jika dibiarkan pada akhirnya akan mengganggu keamanan dan ketertiban warga.

Novan menjelaskan peredaran narkoba saat ini sudah mencapai kalangan pelajar sekolah. Kondisi ini dapat merusak konsentrasi mereka saat mengikuti proses belajar dan bersosialisasi di sekolah maupun dalam lingkungan sosial sehari-hari.

“Bahaya narkoba itu khususnya saat ini, dampaknya di anak-anak muda. Khususnya lagi di sini anak-anak (pelajar) sekolah, dampaknya itu sangat buruk. Bahkan, ada yang sampai otaknya tidak bisa (berpikir) apa-apa,“ ujarnya.

Selain dampaknya yang fatal terhadap kesehatan fisik dan mental, penyalahgunaan narkoba juga memiliki risiko pelanggaran hukum cukup berat berupa hukuman penjara, denda hingga hukuman mati apabila terbukti bersalah. Ironisnya, bahaya dan dampak yang serius itu tidak menyurutkan tingkat penyalahgunaan narkoba. Para pelakunya banyak yang dihukum di lapas.

“Dampak hukumnya banyak juga. Ketika saya melihat di Lapas-Lapas khususnya daerah Jawa Timur, banyak anak-anak muda di situ sudah terjerat narkoba dan terjerat hukum karena narkoba tersebut,” lanjutnya.

Oleh karena itu, kegiatan ini mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai pihak lantaran bermanfaat secara langsung untuk mencegah peredaran narkoba di antara pemuda. “Jadi (kegiatan penyuluhan seperti ini) penting banget. Perihal untuk acara ini (diharapkan) sering-sering diselenggarakan. Alhamdulillah di daerah kita sudah melaksanakan acara tersebut,” tandasnya.

Korwil Pandawa Ganjar Jatim Umar Kotarumalos Bauw meyakinkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berkomitmen untuk memberantas peredaran narkoba ke depannya. “Respons masyarakat, kegiatan ini sangat bagus. Dan, saran dari masyarakat kalau bisa itu setiap tahun harus dijalankan (kegiatan penyuluhan) seperti ini,” katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2207 seconds (0.1#10.140)