1.120 Jiwa Terdampak Bencana Banjir di Kapuas Hulu

Minggu, 12 November 2023 - 07:40 WIB
loading...
1.120 Jiwa Terdampak Bencana Banjir di Kapuas Hulu
Banjir masih merendam 376 rumah warga di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat hingga mengakibatkan 1.120 jiwa terdampak. Foto/BNPB
A A A
KAPUAS HULU - Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir masih merendam sebanyak 376 rumah warga di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Diketahui, awal banjir bandang terjadi pada Kamis (9/11/2023).

"Warga terdampak banjir tercatat 1.120 jiwa. Wilayah yang dilanda banjir yaitu Desa Temuyuk dan Desa Pantas," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Minggu (12/11/2023).



BNPB juga melaporkan selain berdampak pada pemukiman, banjir juga merendam fasilitas pendidikan 1 unit dan fasilitas tempat ibadah 1 unit. Selain itu, satu jembatan penghubung antar desa mengalami kerusakan.

Sementara itu, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini pada pada Minggu (12/11/2023) khusus di wilayah Kapuas Hulu perlu kewaspadaan akan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat.



"BPBD Kabupaten Kapuas Hulu telah dan terus melakukan asesmen dan pendataan guna melakukan penanganan lebih lanjut," ungkap Abdul Muhari.

Lebih lanjut, Abdul Muhari mengatakan memasuki musim penghujan, pihaknya mengimbau BPBD dan warga untuk waspada dan siap siaga menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah.



Di antaranya seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Warga dapat memantau prakiraan cuaca melalui BMKG, dan potensi risiko pada aplikasi inaRISK.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3955 seconds (0.1#10.140)