Pilgub Jatim, Gerindra Tunggu Instruksi Prabowo

Minggu, 15 Oktober 2017 - 16:45 WIB
Pilgub Jatim, Gerindra Tunggu Instruksi Prabowo
Pilgub Jatim, Gerindra Tunggu Instruksi Prabowo
A A A
SURABAYA - Keputusan PDIP untuk mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas sebagai cagub-cawagub pada Pilgub Jatim 2018 dinilai akan mempercepat peta koalisi. Beberapa partai tengah, seperti PAN, Gerindra, PKS dan PPP akan segera mengambil sikap.

Namun, Sekretaris DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengaku masih wait and see dan tidak mau terburu-buru. Alasannya ada beberapa pertimbangan partai yang mengharuskan untuk tidak mengambil sikap dengan tergesa-gesa. “Nantilah, masih ada waktu 2,5 bulan. Menjelang akhir pendaftaran nanti, pasti Gerindra sudah punya sikap. Kalau hari ini belum ada sinyal mengarah ke siapa-siapa,” tegasnya, Minggu (15/10/2017).

Alumni IAIN Sunan Ampel ini menjelaskan, keputusan akhir terkait Pilgub Jatim ada di Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Prabowo Subianto. Jadi apa pun yang diinstruksikan, apakah bergabung dengan koalisi yang sudah ada atau bahkan membuat poros sendiri, akan diikuti.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Surrochim Abdulsalam menilai, setelah PDIP mengusung Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, sebagian partai tengah akan bergabung ke partai pengusung Khofifah atau bersama-sama mengusung calon sendiri.

“Ada kandidat lain selain Khofifah dan Gus Ipul yang bisa diusung, seperti La Nyalla Matttaliti, Mahfud MD, atau M Nuh. Kalau poros baru ini terbentuk, tentu akan menjadi seru. Sekalipun nama-nama ini sulit menandingi Gus Ipul dan Khofifah, paling tidak bisa mendongkrak suara partai pada pemilu 2019 nanti,” tegasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5981 seconds (0.1#10.140)