alexa snippet

1.200 Orang Kembali ke Zona Merah Gunung Agung, BNPB Bentuk Timsus

1.200 Orang Kembali ke Zona Merah Gunung Agung, BNPB Bentuk Timsus
Gunung Agung. Foto/SINDO/Eko Purwanto
A+ A-
KARANGASEM - Berdasarkan data Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB), ada 1.200 warga kembali ke zona merah Gunung Agung, meski gunung tersebut masih berstatus Awas.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, hingga saat ini masih ada warga yang tetap menjalankan aktivitasnya di desa-desa yang masuk zona rawan.

"Ada masyarakat yang sudah kembali ke daerah zona merah, sekitar 1.200 orang. Ini sangat membahayakan, mengingat situasi saat ini status gunung Agung masih Awas," kata Sutopo, Kamis (12/10/2017).

Untuk mengantispasi hal-hal yang tidak diinginkan, BNPB telah membentuk dua Tim Khusus Keselamatan Masyarakat yang diketuai oleh Kadisinfokom Provinsi Bali dan Kapolres Karangsem.

Dia menjelaskan, tim tersebut  juga bekerja sama dengan relawan dan beberapa orang korban erupsi Gunung Merapi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya bila kembali ke daerah terlarang.

"Hal ini merupakan tantangan kami sekarang ini, dengan situasi ketidakjelasan atau ketidakpastian tentang pemahaman kapan Gunung Agung akan meletus."

Seperti diketahui, status Gunung Agung dinaikkan menjadi Awas pada Jumat, 22 September 2017. Kala itu, warga berbondong-bondong mengungsi, namun kini mereka berangsur-angsur kembali.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top