Bung Tomo dan Ayahnya Punya Hubungan Darah dengan Orang Dekat Pangeran Diponegoro

Kamis, 09 November 2023 - 09:05 WIB
loading...
Bung Tomo dan Ayahnya Punya Hubungan Darah dengan Orang Dekat Pangeran Diponegoro
Keberanian Bung Tomo tak bisa dilepaskan dari peran ayah kandungnya, Kartawan Tjiptowidjojo yang punya hubungan darah dengan pendamping Pangeran Diponegoro. Foto/Ist
A A A
KEBERANIAN Bung Tomo dalam perjuangan dan pertempuran melawan penjajahan Belanda konon tak bisa dilepaskan dari peran sang ayah kandungnya. Ayah kandung Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo konon memiliki watak nyaris sama dengan Bung Tomo semasa muda.

Bakat pendidikan dan ragam talenta yang dimiliki oleh Bung Tomo, tidak lepas dari pengaruh ayah kandungnya.


Banyak kesamaan antara Bung Tomo dengan ayahnya yang mendidiknya sejak kecil. Dari segi kemampuan dalam berbagai macam bidang, Bung Tomo memang tidak jauh berbeda dengan ayahnya.

Barangkali keberadaan Bung Tomo yang serba bisa memang diwarisi oleh ayahnya, yang juga dikenal sebagai sosok yang serba bisa serta mampu tampil dalam berbagai bidang.

Sebagaimana dikutip dari "Bung Tomo : Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November" menyebut ayah Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo yang masih mempunyai pertalian darah dengan beberapa pendamping dekat Pangeran Diponegoro.

Kartawan Tjiptowidjojo konon pernah bekerja sebagai pegawai pemerintah, pernah menjabat sebagai staf pribadi di sebuah perusahaan swasta, sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan juga pernah menjabat sebagai pegawai kecil di perusahaan ekspor-impor milik Belanda.



Selain itu, ayahnya juga tercatat sebagai polisi di kota praja, dan pernah pula menjadi distributor lokal untuk perusahaan mesin jahit.

Sebagai keluarga yang memang benar-benar memperhatikan pendidikan, ayahnya memberi kebebasan sepenuhnya kepada Bung Tomo untuk menentukan pilihan pendidikannya.

Keluarga Bung Tomo tidak pernah mempersoalkan ketika Bung Tomo keluar dari sekolah formal, kemudian memilih untuk belajar secara nonformal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3255 seconds (0.1#10.140)