Mengenal Gunung Penanggungan, Tanah Suci di Era Kerajaan Majapahit yang Mengejutkan

Selasa, 07 November 2023 - 14:56 WIB
loading...
Mengenal Gunung Penanggungan, Tanah Suci di Era Kerajaan Majapahit yang Mengejutkan
Kawasan Cagar Budaya Gunung Penanggungan. Gunung ini dianggap sebagai wilayah suci di era Kerajaan Majapahit. Foto/Cagar Budaya Jatim
A A A
JAKARTA - Gunung Penanggungan memiliki banyak kisah sejarah yang menarik. Salah satunya adalah terkait hubungannya dengan Kerajaan Majapahit .

Gunung Penanggungan berada di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan. Ada banyak kisah menarik seputar gunung ini. Salah satunya adalah pernah dianggap sebagai tempat suci di era Kerajaan Majapahit.

Mengenal Gunung Penanggungan


1. Lokasi


Gunung Penanggungan memiliki nama kuno Gunung Pawitra. Tinggi gunung api kerucut ini diperkirakan mencapai 1.653 MDPL.



Secara geografis, Gunung Penanggungan berada di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan. Jaraknya diperkirakan kurang lebih mencapai 55 km dari selatan kota Surabaya.

2. Tempat Suci Majapahit


Gunung Penanggungan memiliki aneka cerita menarik yang menyelimutinya. Salah satunya dianggap sebagai wilayah suci di era Kerajaan Majapahit.

Melihat riwayatnya, status tersebut tak bisa dilepaskan dari Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Kedua tokoh tersebut dalam sejarah diketahui berhasil membawa Majapahit menuju era kejayaannya.



Berlokasi tak jauh dari pusat keraton Majapahit di Trowulan, gunung ini seakan menjadi pusat spiritual kerajaan. Di sekitarnya, banyak terdapat situs purbakala berupa candi-candi yang dibangun mengelilingi puncak Pawitra.

3. Jejak Peninggalan Majapahit


Masih berhubungan dengan Majapahit, Gunung Penanggungan juga disebutkan menjadi bukti jejak peninggalan kerajaan tersebut. Sebagai informasi, ada banyak kumpulan candi yang ditemukan di area gunung ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0820 seconds (0.1#10.140)