Roro Anteng dan Joko Seger, Legenda Suku Tengger dan Kisah Cinta Abadi yang Terukir di Gunung Bromo

Selasa, 07 November 2023 - 05:28 WIB
loading...
Roro Anteng dan Joko Seger, Legenda Suku Tengger dan Kisah Cinta Abadi yang Terukir di Gunung Bromo
Senja di kawasan Pegunungan Tengger, menghadirkan keindahan alam yang luar biasa di tanah yang melahirkan legenda cinta abadi Roro Anteng, dan Joko Seger. Foto/SINDOnews/Emanuel Yuswantoro
A A A
Joko Seger dan Roro Anteng, melarikan diri ke wilayah Gunung Bromo. Keduanya merupakan anak bangsawan dari Kerajaan Majapahit, yang akhirnya menikah dan sangat berharap memiliki keturunan.



Untuk mewujudkan mimpi memiliki keturunan tersebut, mereka bersumpah akan mengorbankan anak bungsunya sebagai persembahan untuk dewa apabila permintaannya dikabulkan. Permohonan itu dikabulkan, dan pasangan ini dikaruniai sebanyak 25 anak.



Di kemudian hari, keduanya lupa akan sumpahnya. Anak bungsunya yang bernama, Dewata Kusuma tidak juga dijadikan persembahan kepada dewa. Akhirnya, kuasa dewa sendiri yang merebut Dewata Kusuma dan menghempaskannya ke kawah Gunung Bromo.



Mitologi ini berkembang secara turun-temurun di tengah masyarakat, dan sampai sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat Suku Tengger. Upacara adat dengan melaksanakan larung sesaji ke kawah Gunung Bromo tersebut, dikenal sebagai upacara Yadnya Kasada.

Dalam tulisannya yang berjudul "Sekilas Tentang Masyarakat Tengger", Ayu Sutarto menyebutkan, warga Suku Tengger tinggal di desa-desa yang ada di lereng Gunung Bromo, dan tersebar di empat kabupaten.

Desa-desa yang dimaksud adalah Jetak, Wonotoro, Ngadirejo, dan Ngadisari di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Kemudian ada di Ledokombo, Pandansari, dan Wonokerso, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo.

Selain di Probolinggo, Suku Tengger juga mendiami wilayah Kabupaten Pasuruan, yang meliputi Tosari, Wonokitri, Sedaeng, Ngadiwono, Podokoyo, di Kecamatan Tosari; serta Desa Keduwung, Kecamatan Puspo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)