Generasi Z Voting Holder Pemilu 2024, Harus Jadi Pemilih Cerdas

Senin, 06 November 2023 - 07:20 WIB
loading...
Generasi Z Voting Holder Pemilu 2024, Harus Jadi Pemilih Cerdas
Seminar penguatan literasi Generasi Z sebagai voting holder Pemilu 2024 digelar oleh Keluarga Mahasiswa Klaten UIN Raden Mas Said Surakarta. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Pemilu 2024 didominasi oleh pemilih muda baik dari kelompok milenial dan generasi Z dengan prosentase 56,45 persen. Sebagai arah penentu kemenangan dalam Pemilu 2024, pemilih muda pun diharap jadi pemilih cerdas.

Generasi Z yang tak bisa lepas dari hiruk pikuk gawai dan menjadikan media sosial sebagai rujukan perlu memahami politik yang benar, sebagai cara mencari wasilah dalam rangka mengatasi masalah agar menjadi maslahah.



Hal itu dibahas dalam Seminar Kepenulisan: Penguatan Literasi untuk Mematangkan Generasi Z sebagai Voting Holder dalam Pemilu 2024 yang digelar oleh Keluarga Mahasiswa Klaten UIN Raden Mas Said Surakarta (KMK RAMASTA) di MTs Al Muttaqien Pancasila Sakti, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (5/11/2023.

“Pemilu 2024 nanti didominasi oleh pemilih muda yakni 33,60 persen dari generasi milenial dan 22,85 persen dari generasi Z. Maka mereka harus bisa memilih dan memilah semua informasi yang beredar di media sosial sehingga mampu menjadi pemilih cerdas yang akan membawa Indonesia lebih baik lagi,” ujar Bacaleg DPR RI Dapil Jawa Tengah V, Purnama Dhedhy Styawan.

Dia menyebut, sebagian besar generasi Z menjadikan media sosial sebagai rujukan informasi utama.

Oleh karena itu, pemahaman politik yang benar menjadi penting agar tidak terjebak pada politik transaksional,” lanjutnya.



Generasi Z harus memahami bahwa politik adalah sebuah keniscayaan. Di mana, semua kehidupan kebangsaan kita ditentukan oleh politik, baik ekonomi, pendidikan, kehidupan keagamaan, hubungan sosial dan lain-lain.

“Kehadiran generasi Z dalam Pemilu 2024 sangat menentukan. Hak pilihnya tak bisa digunakan sembarangan, taruhannya masa depan bangsa,” tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)