Kunjungi Jombang, TGB Zainul dan TPN Ganjar-Mahfud Ziarah ke Makam Tiga Pendiri NU

Rabu, 01 November 2023 - 15:58 WIB
loading...
Kunjungi Jombang, TGB Zainul dan TPN Ganjar-Mahfud Ziarah ke Makam Tiga Pendiri NU
Ketua Harian DPP Partai Perindo, Dr. TGB HM Zainul Majdi bersama tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud berkunjung ke Jombang, Jawa Timur. Foto/MPI
A A A
JOMBANG - Ketua Harian DPP Partai Perindo , Dr. TGB HM Zainul Majdi bersama tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar-Mahfud berkunjungi ke Jombang, Jawa Timur, Selasa (31/10/2023). Dalam kesempatan itu, mereka juga menyempatkan ziarah ke makam tiga tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Selasa (31/10/2023).

Tiga makam pendiri NU yang diziarahi itu adalah makam KH Wahab Hasbulloh, makam KH Bisri Syansuri, dan makam KH Hasyim Asyari yang di dalamnya juga ada makam presiden RI ke empat, KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur.

Makam tokoh pendiri NU pertama yang dikunjungi adalah makam KH Wahab Hasbullah di pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang.

Cukup lama TGB bersama tim pemenangan Ganjar-Mahfud membaca doa di samping makam pahlawan nasional tersebut.



Setelah dari makam KH Wahab Hasbulloh, TGB dan TPN kemudian melanjutkan perjalanannya dengan ziarah ke makam KH Bisri Syansuri, salah satu tokoh pendiri NU yang juga pendiri Pondok Pesantren Mambaul Maarif di Denanyar Jombang.

KH Bisri Syansuri adalah tokoh nasional yang juga kakek buyut dari ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Saat ditanya mengenai kedatangannya di Ponpes milik keluarga besar Muhaimin Iskandar tersebut, TGB menjelaskan perbedaan dalam penentuan Capres-Cawapres hendaknya tidak membuat tali silaturahmi antar saudara sesama islam putus.

"Sehingga meski ada perbedaan dalam Pilpres, kami berharap silaturrahmi dengan saling mengunjungi saudara tetap harus dilakukan dan tidak boleh putus," kata TGB.

Dari makam KH Bisri Syansuri, TGB kemudian juga melakukan ziarah ke makam pendiri NU KH Hasyim Asyari di Pondok Pesantren Tebuireng.

Dengan didampingi oleh para pengasuh pesantren, TGB dan tim pemenangan Ganjar membaca doa di samping makam pahlawan nasional tersebut.

Setelah berdoa, TGB kemudian melakukan tabur bunga di makam KH Hasyim Asyari dan makam presiden RI yang ke empat KH Abdurrahman Wahid.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)