Status Naik jadi Waspada, Kawah Sileri Ditutup untuk Umum

Jum'at, 15 September 2017 - 14:57 WIB
Status Naik jadi Waspada, Kawah Sileri Ditutup untuk Umum
Status Naik jadi Waspada, Kawah Sileri Ditutup untuk Umum
A A A
BANJARNEGARA - Aktivitas gempa di Kawah Sileri, Batur, Banjarnegara, mengalami peningkatan yang terus menerus sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status menjadi Waspada level 2 pada Kamis malam 14 September 2017. Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng terjadi gempa tremor yang terjadi terus menerus dan adanya peningkatan suhu kawah.

"Pengamatan visual PVMBG mendapati kepulan asap putih membubung dengan tinggi antara 5 hingga 10 meter , suhu kawah naik dari 90 derajat celcius menjadi menjadi 93.5 derajat celcius. Sementara suhu tanah di area kawah naik dari 58 derajat celcius menjadi 69 derajat celcius," kata Ketua Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arif Rachman, Jumat (15/9/2017).

Kegempaan tremor, kata dia, terjadi secara terus meneris di area kawah sileri dengan amplitudo 0,3 hingga 1 mili meter dengan dominan rata rata 0,5 mili meter. Sehingga untuk mengantisipasi adanya bahaya erupsi saat ini BPBD Banjarnegara terus melakukan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng."Untuk radius 1.000 meter sekarang kami imbau warga tidak mendekat dalam zona bahaya " jelas Arif Rachman .

Menurut dia, terkait meningkatnya aktivitas dan naiknya status Kawah Sileri obyek wisata lain di Dieng masih aman dikunjungi, Namun sementara area Kawah Sileri saat ini ditutup untuk umum.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6406 seconds (0.1#10.140)