Aktivitas Gunung Dieng Meningkat, BPBD Batang: Warga Tak Perlu Khawatir

Jum'at, 20 Januari 2023 - 01:04 WIB
loading...
Aktivitas Gunung Dieng Meningkat, BPBD Batang: Warga Tak Perlu Khawatir
BPBD Kabupaten Batang saat memantau dampak dari aktivitas Gunung Dieng di Desa Pranten, Kecamatan Bawang dan Desa Gerlang, Kecamatan Blado. Foto: Istimewa
A A A
BATANG - Aktivitas vulkanisme Gunung Dieng yang meningkat dalam beberapa hari terakhir juga sedikit berdampak ke Desa Pranten, Kecamatan Bawang dan Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang , Jawa Tengah. Namun demikian, warga setempat tidak perlu terlalu khawatir.

Berdasarkan pantauan dari tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, dampak dari aktivitas vulkanisme itu tidak terlalu membahayakan warga di dua desa tersebut.



Pelaksana Tugas Kepala bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Batang, Riza Zakia mengatakan, kondisi secara umum masih aman terkendali.



“Memang terjadi sedikit getaran, tapi tidak membahayakan, karena intensitasnya rendah hanya 1-2 detik,” katanya saat ditemui, di Kantor BPBD Kabupaten Batang, Kamis (19/1/2023).

Adapun untuk gas beracun atau CO², sedikit terjadi peningkatan di Kawah Timbang yang berdekatan dengan Desa Gerlang. “Masyarakat tidak perlu khawatir karena gas CO² hanya naik pada waktu malam antara pukul 01.00 – 02.00 WIB dini hari. Dan setelah matahari terbit, intensitas gas akan menurun,” bebernya.



Dia menegaskan, selama gas melandai, tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika intensitas gasnya terus meningkat, masyarakat patut waspada.

“Untuk penanganan gas beracun Pemkab Batang sudah menyiapkan rencana kontijensi bersama Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo,” terangnya.

Dia menambahkan, sebagai langkah persiapan penanganan bagi korban bencana alam, Pemkab Batang telah menyiapkan lokasi evakuasi.

“Ada 4 titik yang disiapkan yakni Lapangan Wanapriya dan Dukuh Kaliabang di Desa Gerlang, serta Lapangan Rejosari dan area Candi Dworowati,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)