alexa snippet

PT Angkasa Pura Ingatkan Warga Kosongkan Lahan Bandara NYIA

PT Angkasa Pura Ingatkan Warga Kosongkan Lahan Bandara NYIA
Sejumlah pemilik tambak udang di calon lokasi bandara NYIA, meminta land clearing tambak udang ditunda sampai panen, beberapa waktu lalu. Foto/KORAN SINDO/Kuntadi
A+ A-
KULONPROGO - PT Angkasa Pura (AP) I melayangkan surat peringatan (SP) kepada warga untuk segera mengosongkan lahan dan rumahnya, yang akan menjadi lokasi pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Surat peringatan bernomor AP.I.492/LB.05.01/2017/PP.JOG-B bertanggal 12 September 2017 agar mengosongkan paling lambat 22 September 2017 mendatang

“Tahapan land clearing sudah dilaksanakan, segera diikuti pembangunan fisik, jadi harus segera dikosongkan,” jelas Project Manager Pembangunan NYIA PT AP I, Sujiastono, Kamis (14/9/2017).

Setidaknya ada 277 warga terdampak yang mengikuti program relokasi. Mereka berasal dari lima desa yaitu, Desa Glagah, Palihan, Janten, Jangkaran, dan Kebonrejo. Rumah untuk relokasi juga sudah banyak yang selesai meskipun belum sempurna. Namun, rumah tersebut sudah bisa ditempati.

“Kami siapkan SP 2 dan SP 3. Mungkin surat akan kami kirim pada 20 September 2017 mendatang nanti agar deadline bisa disepakati,” kata, Sekretaris Proyek Pembangunan NYIA PT AP I Didik Catur.

Didik mengaku upaya pengosongan kepada warga sudah dilakukan dengan cara halus. Bahkan, mereka telah memberikan kesempatan warga sekitar setahun lalu. Batas waktu yang diberikan bagi warga dinilai sudah cukup. “Target Pak Joko Widodo, tahun 2019 bandara harus beroperasi. Ini harus kita kawal,” ujarnya.

Sementara Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo berharap PT AP I tidak serta merta langsung menggusur semua warga sekaligus. Perusahaan itu diharapkan lebih dulu menggarap sisi lahan yang memang sudah tidak berpenghuni sambil menunggu pengosongan seluruh warga dari lahan pembangunan bandara.

Pemkab Kulonprogo hingga saat ini masih melakukan upaya percepatan relokasi warga terdampak ke permukiman baru. Paling lambat akhir September ini, program relokasi itu bisa dituntaskan seluruhnya.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top