Kebakaran Hutan dan Lahan 50 Hektare di Way Kanan, Begini Penampakannya

Senin, 30 Oktober 2023 - 09:43 WIB
loading...
Kebakaran Hutan dan Lahan 50 Hektare di Way Kanan, Begini Penampakannya
Area hutan dan lahan milik warga seluas 50 Hektare di Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk habis terbakar. Foto/MPI/Yuswantoro Lampung
A A A
WAY KANAN - Dampak kekeringan akibat kemarau di Way Kanan mengerikan. Area hutan dan lahan milik warga seluas 50 Hektare di Kampung Negeri Baru, Kecamatan Umpu Semenguk habis terbakar pada Minggu (29/10/2023) malam.

Berkat kesigapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Way Kanan dibantu pihak kepolisian Polres Way Kanan bersama warga setempat berhasil memadamkan api tersebut. Sehingga tidak sampai ke permukiman warga yang berjarak kurang lebih 50 meter.



Kasi Kedaruratan BPBD Way Kanan Asep Alex Hendra menuturkan awalnya mereka menerima laporan dari masyarakat sekitar pukul 01.45 WIB, api berasal dari pinggir jalan lintas Sumatera, dan akhirnya hingga sampai ke belakang kantor BPJS Way Kanan di Negeri Baru.

”Yang terbakar adalah hutan dan lahan milik warga. 10 personel BPBD 10 bersama Damkar berhasil memadamkan api,” kata Asep dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).



Asep mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan dan membakar lahan dengan sengaja, karena bisa menyebabkan kebakaran. ”Musim kemarau ini rentan, maka itu untuk berhati-hati,” ucapnya.

Kasi Damkar Way Kanan Nazori menerangkan, belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Namun, api berhasil padam pada pukul 22.00 WIB. “Nyaris membakar rumah warga, beruntung anggota sigap dan memadamkan api,” katanya singkat.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)