Peringati Sumpah Pemuda, Festival Indonesia Adalah Kita Digelar di 6 Kota

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:07 WIB
loading...
Peringati Sumpah Pemuda, Festival Indonesia Adalah Kita Digelar di 6 Kota
Sejumlah lomunitas anak muda menginisiasi Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 untuk memperingati Sumpah Pemuda. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 menjadi momentum tepat menggelorakan kembali kebangkitan generasi muda dan kebanggaan terhadap Indonesia.

Sebagai bagian dari peringatan sumpah pemuda tahun ini, berbagai komunitas anak muda di Indonesia menginisiasi sebuah Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 yang akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Sabtu 28 Oktober 2023 siang hingga malam hari.



Menurut koordinator Ronald Theo Lesmana, Festival IAK 2023 digelar komunitas dengan menghadirkan berbagai macam kreasi, skill, dan beragam kolaborasi yang melibatkan generasi muda di enam kota terpilih.

Pemilihan enam kota yaitu Pasuruan, Sidoarjo, Madiun, Solo, Semarang, dan Purwokerto dilatarbelakangi keinginan agar generasi muda perkotaan kembali mengambil peran penting dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

“Melalui Festival IAK 2023 kami ingin mendorong generasi muda khususnya di perkotaan untuk berkreasi, berkarya dan menjadi bagian dari kemajuan Indonesia. Generasi muda adalah harapan bangsa, masa depan bangsa ini adalah masa depan mereka juga, karena Indonesia bukan tentang seberapa banyak gedung-gedung bertingkat. Bukan tentang seberapa banyak pulau-pulau. Tetapi, Indonesia adalah tentang seberapa banyak pribadi-pribadi yang mencintai bangsa ini karena Indonesia Adalah Kita" jelas Ronald dalam keterangannya di Surabaya, Jumat (27/10/2023).

Festival IAK 2023 akan diramaikan dengan hiburan musik dari sejumlah band nasional dan daerah. Beberapa band ternama seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, turut juga dimeriahkan oleh FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink yang akan menjadi penghibur di setiap kota.



Untuk mewadahi kreativitas generasi mudanya, di setiap kota juga akan di gelar berbagai aktivitas seperti panggung kesenian daerah, bazaar UMKM kuliner & produk kreatif, lomba kreasi mural/grafiti, eksibisi komunitas BMX, skateboard dan b-boy/street dance.

Menurut Ronald, generasi muda adalah harapan dan masa depan bangsa, terutama generasi muda di perkotaan yang sudah akrab dengan digitalisasi membuat hampir semua anak-anak muda di berbagai kota dengan mudah terhubung satu dengan yang lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)