Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Batanghari Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2023

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 10:47 WIB
loading...
Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Batanghari Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2023
Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII lewat kategori The Best Leader in Economic Development. Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII lewat kategori “The Best Leader In Economic Development”.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Aparatur Negara Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Managing Director iNews Media Group Rafael Utomo di MNC Conference Hall iNews Tower Lantai 3 Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/10/2023).

Penghargaan IVL 2023 diraih Bupati Muhammad Fadhil Arief sebagai apresiasi terhadap upaya dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten Batanghari fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar mengandalkan hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan.

Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati Batanghari Raih Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2023


Bupati Batanghari Muhammad Fahdil Arief (ketiga dari kiri) bersama Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Managing Diretor iNews Media Group Rafael Utomo berpose bersama para penerima apresiasi IVL 2023. Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan

“Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi kami, jajaran Pemkab Batanghari untuk selalu bekerja untuk rakyat Kabupaten Batanghari. Kita tahu bahwa pencapaian cuma bonus saja. Kewajiban kita tetap bagaimana memberikan sesuatu yang optimal dari diri kita. Mudah-mudahan prestasi yang diraih ini dapat meningkat di waktu yang mendatang,” ucapnya dalam sesi wawancara dengan iNews Media Group.



Menurut Bupati Fadhil, saat ini pencapaian Pemerintah Daerah Batanghari terus mengalami peningkatan. Dia beserta jajaran akan terus berusaha untuk mempertahankan tren positif dengan mengambil kebijakan strategis.

“Alhamdulillah atas rahmat Tuhan, di 2022, ekonomi kita tumbuh sangat baik 12,57 persen dengan Gini Rasio. Kesenjangan juga membaik baik 0,31 jadi 0,29, dengan pendapatan daerah drastis naik. Selain itu, investasi terus kita genjot karena pencapaian sangat baik di atas Rp1 triliun selama dua tahun terakhir,” katanya.

Selanjutnya, kata Bupati Batanghari periode 2021-2024 ini tidak mungkin membangun daerah hanya pakai APBD saja, perlu stakeholder lainnya, perlu investasi, perlu bantuan dari semua pihak. Untuk itu, ia mengundang para investor untuk berinvestasi di kabupaten yang dipimpinnya.

“Hari ini, dengan hadirnya kita di iNews TV mudah-mudahan ini menjadi endors positif, nanti investor akan hadir di Kabupaten Batanghari, kita akan beri kemudahan. Semua kalau ada halangan pada masyarakat ataupun pejabat kami, silahkan lapor pada saya, Bupati Batanghari untuk menjamin, itu akan kita ubah,” tuturnya tegas.



Baginya ajang seperti IVL merupakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi apa yang dilakukan dirinya sebagai kepala daerah, karena saat penjurian, dirinya harus berhadapan dengan para juri.

“Dari panelis, tim penilai, kita ditanyai sampai ke hal-hal yang paling mendasar, sehingga visi misi yang dibuat kepala daerah tidak hanya mengambang di langit, tapi ada tahapan yang harus dicapai. Tadi dihadiri Menteri PAN-RB, kita juga sedang berusaha bagaimana akuntabilitas kita membaik terus, salah satu indikatornya, lewat IVL ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati bergelar sarjana ekonomi ini pun menyapakan terima kasih sekaligu ajakan kepada masyakaratnya untuk saling bahu-membahu untuk berjuang demi kemajuan Batanghari.

“Kepada seluruh masyarakat Batanghari, bahwa apa yang kita rayakan hari ini adalah akreditas kita semua dan kita harus tingkatkan lagi di kemudian hari. Kita jadikan Kabupaten Batanghari menjadi kabupaten terdepan di Provinsi Jambi, perlu kolaborasi dan sinergi di antara kita semua. Mari, sama-sama kita bangun Kabupaten Batanghari yang kita cintai,” ucapnya.

Untuk diketahui, Indonesia Visionary Leader merupakan program signature yang diselenggarakan oleh iNews Media Group sejak tahun 2017. iNews Media Group yang merupakan Cluster News di bawah naungan MNC Group.

iNews Media Group terdiri dari iNews Group, Sindo News Group, IDX Channel Group, dan Okezone Group yang di dalamnya terdiri dari media platform televisi, radio, dan news portal.

“Pada malam hari ini IVL memberikan anugerah kepada 12 pemimpin atau leader yang mempunyai visi kepada Pembangunan di Indonesia. Kami mengucapkan selamat kepada seluruh peraih apresiasi IVL 2023 dan kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh penerima apresiasi atas kepercayaan kepada iNews Media Group. Sekali lagi selamat kepada peraih apresiasi IVL 2023,” ujar Managing Director iNews Media Group Rafael Utomo dalam sambutannya.

Program IVL dilaksanakan sebagai upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi kepala daerah di wilayah kepemimpinannya. Tahun ini, program Indonesia Visionary Leader mengangkat tema “Pemimpin Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi”.

Hal tersebut selaras dengan peran penting yang diemban kepala daerah yaitu menjaga resiliensi ekonomi di wilayahnya. Resiliensi ekonomi merujuk pada kemampuan suatu wilayah untuk bertahan, beradaptasi, dan pulih dari tekanan ekonomi, baik dari faktor internal maupun eksternal.

Bupati Batanghari, sebelumnya telah menjalani proses penilaian dari para dewan juri yang sangat kompeten di bidangnya. Mereka adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy, Analis Perundang-Undangan Sekretariat Ditjen OTDA Kementerian Dalam Negeri Saydiman Marto.

Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) Andi Ilham Said, serta Pengajar Global Business Marketing, Binus Business School dan Co-Founder Astagatra Institute Wahyu T. Setyobudi. Diakui Bupati Batanghari, dirinya begitu terkesan selama menjalani proses penjurian.

“Masih terkesan, karena pertanyaannya benar. Bahwa, apa yang kita lakukan jangan sampai kita memberikan solusi yang tidak tepat, ibaratkan kalo kepala daerah itu seorang dokter, kalau penyakitnya diagnosanya tidak tepat, obat yang diberikan pun tidak tepat,” kata Bupati M. Fadhil Arief.

Hadir pada malam inaugrasi IVL 2023 Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Managing Director iNews Media Group Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MPI Yadi Hendriana, dan COO IDX Channel Masirom beserta jajaran pimpinan redaksi iNews Media Group. Kemeriahan acara IVL 2023 disiarkan langsung secara streaming di welcome page Okezone.com, Sindonews.com, dan iNews.id.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3131 seconds (0.1#10.140)