Sukses Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Situbondo Terima Penghargaan IVL 2023

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 09:24 WIB
loading...
Sukses Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Situbondo Terima Penghargaan IVL 2023
Bupati Situbondo (kedua kanan) saat menerima Plakat Penghargaan IVL 2023 yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA - Sukses menyejahterakan masyarakat lewat peningkatan Pendapatan Asli Daerah,Bupati Situbondo Karna Suswandi dianugerahi penghargaan di ajang Indonesian Vision Leader (IVL) 2023 untuk Kategori The Best in Rural Administration Empowerment di malam puncak penghargaan IVL 2023 di iNews Tower, Kamis (26/10/2023).

Bupati Karna mengatakan penghargaan yang diterimanya adalah sesuatu yang sangat membanggakan, sekaligus dapat memotivasi pihaknya agar ke depan bisa meningkatkan kinerja, memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat, sekaligus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Situbondo.

Bupati Karna dinilai berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Situbondo yang sempat minus 2,33 persen pada 2020, tumbuh menjadi 3,26 persen setahun berikutnya. Bahkan pada 2023 pertumbuhan terus melesat menjadi 4,39 persen.

Dengan APBD Rp1,7 triliun, Bupati Karna sukses menurunkan angka pengangguran terbuka menjadi 23 ribu. Angka tersebut memang masih besar. Tingkat kemiskinan di Situbondo dari 12,22 turun menjadi 11,78, persen.

Sukses Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Situbondo Terima Penghargaan IVL 2023

Bupati Situbondo Karna Suswandi (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Karna Suswandi sukses meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor perkebunan dan pertanian. Mengangkat tagline ‘Situbondo Berjaya’, Karna juga terus mengembangkan pariwisata alam seperti di Pantai Sisije, Pantai Kajang, Pantai Kakapa, maupun Pantai Taman Nasional Baluran. Dari total 136 desa di Kabupaten Situbondo, ia meningkatkan kualitas produk ekonomi kreatif seperti Golden Wood Coffee dan sejumlah komoditas pertanian seperti Mangga Arum merah Situbondo.

Sukses Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Situbondo Terima Penghargaan IVL 2023

Panen perdana padi bibit unggul bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: dok Pemkab Situbondo)

Dari sektor pertanian, Karna menghasilkan bibit unggul padi dengan kualitas 7,1 ton - 8,8 ton sehingga masyarakat bisa menanam empat kali dalam setahun. Stunting target nasional 14 persen pada 2024. Situbondo sudah turun menjadi 7 persen. Untuk mengerem inflasi, Pemkab Situbondo memberikan sembako agar harga-harga kebutuhan pokok tidak meningkat pada masa paceklik dan ekonomi rakyat stabil.

Berkat konsistensi Bupati Karna, PAD Kabupaten Situbondo saat ini Rp281 miliar dari APBD Rp1,7 triliun. Menurutnya upaya untuk kemandirian fiskal harus dilakukannya guna meningkatkan PAD di Situbondo. Di bawah kepemimpinannya, hubungan Pemkab Situbondo dengan Forkopimda terjalin baik, begitu juga dengan DPRD. Perizinan usaha pun dipermudah.

Komitmen iNews Media Group
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)