Setelah King Kobra, Ular Sanca Kembang 3 Meter Ngumpet di Tumpukan Bambu Resahkan Warga Garut

Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:28 WIB
loading...
Setelah King Kobra, Ular Sanca Kembang 3 Meter Ngumpet di Tumpukan Bambu Resahkan Warga Garut
Ular sanca kembang sepanjang tiga meter ngumpet di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut meresahkan warga. Foto/MPI/Fani Ferdiansyah
A A A
GARUT - Keberadaan ular sanca kembang sepanjang tiga meter di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, meresahkan warga. Reptil dengan kulit eksotis kecokelatan itu ditemukan pada tumpukan bambu di Kampung Batu Kutil, Rabu (25/10/2023) dini hari.

Warga melaporkan temuan ular bernama latin malayopython reticulatus ini ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut untuk dievakuasi. Mereka khawatir jika reptil yang biasa menyergap saat berburu itu memangsa ternak milik masyarakat setempat.

”Petugas Damkar Garut dari UPT Wilayah II Bungbulang segera mendatangi lokasi begitu menerima laporan dari warga. Petugas tiba di TKP dengan respons time lima menit dari laporan,” kata Kasubag TU Dinas Damkar Garut UPT Wilayah II Bungbulang, Hendra Santoso.



Evakuasi ular sanca di lokasi itu tidak berlangsung lama. Petugas yang dilengkapi dengan grab stick, berhasil menangkap ular sanca kembang ini dari tumpukan bambu di Kampung Batu Kutil.

“Sebelum ditangkap, petugas mencoba mengamati dahulu di mana ular ini bersembunyi. Setelah diketahui, baru ditangkap dengan grab stick,” ujarnya.



Hendra Santoso membenarkan jika keberadaan ular di kawasan permukiman warga cukup meresahkan. Meski tidak berbisa, hewan yang diklasifikasikan familia pythonidae ini mampu melilit dan menelan mangsanya bulat-bulat.

Beberapa waktu lalu, seekor ular dengan panjang yang sama yakni tiga meter juga sempat membuat panik warga Kecamatan Bungbulang, Senin 11 September 2023. Ular jenis king kobra ditemukan sembunyi di rumah warga Kampung Tegallega.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)