alexametrics

Ini Kemeriahan yang Bakal Tersaji dalam Festival Kemerdekaan di Bandung

loading...
Ini Kemeriahan yang Bakal Tersaji dalam Festival Kemerdekaan di Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberi penjelasan seputar Festival Kemerdekaan 2017 di Bandung. Foto/Okezone/Oris Riswan
A+ A-
BANDUNG - Festival Kemerdekaan 2017 akan digelar Sabtu (26/8/2017) di Kota Bandung, Jawa Barat. Akan ada banyak kemeriahan yang tersaji dalam kegiatan tahunan itu. Apa saja?

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan acara utama dari karnaval itu adalah iring-iringan peserta dari berbagai daerah dengan memakai pakaian adat dan keunikan lainnya. Mereka akan memakai ciri khas daerah masing-masing.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin iring-iringan peserta karnaval, mulai dari Gedung Sate, Jalan Ir Djuanda (Dago), hingga ke Taman Vanda di Jalan Merdeka. Setelah tiba di Taman Vanda, Jokowi akan berhenti. Sementara rombongan melanjutkan perjalanan hingga ke Alun-alun Bandung.



"Pak Jokowi akan memimpin rombongan sampai Taman Vanda, berhenti di sana, nanti dadah-dadah menyaksikan aleut-aleutan (iring-iringan)," ujar Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Kamis (24/8/2017).

Dari Taman Vanda, rombongan akan menghibur warga di sepanjang jalan. Titik kemeriahan puncaknya ada di kawasan Jalan Asia-Afrika dan Alun-alun Bandung.

"Di luar arak-arakan, akan dibikin keceriaan di Jalan Asia-Afrika, mungkin ada komunitas berkumpul. Yang sangat luar biasanya justru di Asia-Afrika," ungkapnya.

Di sana, masyarakat bisa berbaur dan menikmati keceriaan. Bahkan, rencananya ada makanan gratis bagi warga yang ada di sana.

Sebagai gambaran kemeriahan karnaval, khusus Kota Bandung akan menyiapkan mobil hias dengan bentuk mahkota tari merak ukuran raksasa. Pasukan gorong-gorong juga akan ikut pawai dan membawa Piala Adipura serta sapu ukuran raksasa.

"Dari tim Pemkot Bandung juga nanti akan menyiapkan Bobotoh Persib dengan segala keceriaan yang identik dengan Persib," ucapnya.

Para veteran juga ikut serta dalam rombongan dengan memakai Bus Bandros. Setiap kelurahan juga akan dikirim perwakilannya ke lokasi masing-masing 100 orang dengan berpakaian daerah dan membawa umbul-umbul.

Saat ini, kata Emil, para peserta sudah mulai berdatangan ke Kota Bandung. Mereka langsung mempersiapkan diri agar hari H pelaksanaan bisa mengikuti karnaval dengan maksimal.

Menurut Emil, Presiden Joko Widodo memiliki tradisi setiap tahun dengan melaksanakan Karnaval Kemerdekaan. Karnaval kali ini akan jadi yang ketiga digelar. "Pada 2015 dipilih Pontianak, 2016 bergeser ke Sumatera yaitu di Danau Toba, Alhamdulillah tahun ini bergeser ke Pulau Jawa dipusatkan di Kota Bandung," kata Emil.

Sebagai wali kota, ia senang Bandung dipilih jadi lokasi karnaval. Sebab, itu merupakan kesempatan langka. Itu dikarenakan Festival Kemerdekaan selalu berpindah tempat setiap tahun.

"Saya senang, karena jabatan Pak Jokowi lima tahun, berarti lima lokasi dapat kehormatan (menjadi tempat pelaksanaan karnaval). Alhamdulillah dari lima lokasi itu salah satunya Bandung."
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak