Kisah Perempuan Peranakan China yang Membuat Kesaktian Pangeran Diponegoro Hilang

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 10:34 WIB
loading...
Kisah Perempuan Peranakan China yang Membuat Kesaktian Pangeran Diponegoro Hilang
Pangeran Diponegoro pernah berinteraksi dengan perempuan China sehingga membuat hilang kesaktiannya. Foto/Istimewa
A A A
Pangeran Diponegoro pernah dikabarkan berinteraksi dengan perempuan China sehingga membuat hilang kesaktiannya. Konon hal itu terjadi setelah Pangeran Diponegoro melakukan hubungan badan dengan wanita cantik peranakan tersebut.

Beberapa sumber dari Babad Diponegoro versi Peter Carey, bahkan secara gamblang menyebut sang pangeran tidur dengan perempuan China itu. Peristiwa itu terjadi ketika sang pangeran tengah dalam kondisi berperang dan beristirahat di suatu daerah.

Sekretaris Umum Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi) Pandu Setyawan mengakui momen Pangeran Diponegoro berinteraksi dengan perempuan China yang disebutnya Nyonya China ini memang terjadi.



Tetapi hal itu bukanlah seperti yang dituliskan Peter Carey, dan informasi sejarah yang beredar. Apalagi Pangeran Diponegoro merupakan sosok religius yang sejak kecil belajar agama Islam dan patuh dengan syariat agama.

”Kita Lihat backgroundnya dari kecil dididik para ulama, merantau dari pesantren ke pondok pesantren. Artinya beliau punya basic agama, terkait konsep lawan jenis,” ucap Pandu Setyawan kepada SINDOnews, Sabtu (21/10/2023).

Dia menyangsikan Peter Carey perihal Pangeran Diponegoro yang tidur dengan perempuan China tersebut.

Sebab sejak kecil memang sang pangeran taat dengan ajaran agama Islam. Bahkan ketika ia dan pasukannya membuat markas besar di Gua Selarong, Pangeran Diponegoro memisahkan antara gua laki-laki dan perempuan.



”Di Selarong pun dibedakan, antara gua laki-laki, dan perempuan, itu masalah remeh temeh yang basic itu diperhatikan. Ini masalah mahram laki-laki perempuan. Masalah mahram,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1858 seconds (0.1#10.140)