Panas Ekstrem Landa Pati, Warga Bisa Goreng Kerupuk di Halaman Tanpa Kompor

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 18:33 WIB
loading...
Panas Ekstrem Landa Pati, Warga Bisa Goreng Kerupuk di Halaman Tanpa Kompor
Warga Pati Lor, Kabupaten Pati, Jateng, menggoreng kerupuk di bawah terik matahari tanpa kompor. Foto/iNews TV/Lazarus Sandy
A A A
PATI - Cuaca panas ekstrem melanda wilayah Kabupaten Pati, Jateng. Suhu udara di wilayah tersebut bisa mencapai 40 derajat celsius. Bahkan, warga bisa menggoreng kerupuk tanpa kompor di halaman rumah mereka.



Pemanfaatan panas matahari di siang hari untuk menggoreng kerupuk tersebut, salah satunya dilakukan warga Pati Lor, Kabupaten Pati, Murti dan Rois. Mereka cukup menuangkan minyak goreng dalam teflon, lalu dijempur di bawah terik matahari.



Setelah beberapa saat dijemur di halaman rumahnya, minyak goreng dalam teflon tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggoreng kerupuk hingga matang tanpa harus menggunakan api kompor.



"Panasnya sangat terik, bahkan diukur menggunakan termometer suhunya mencapai 40 derajat celsius. Kita coba menjemur minyak goreng dalam teflon, dan dipakain menggoreng kerupuk. Ternyata bisa matang," ujar Murti.

Murti menyebutkan, sebelum dipakain menggoreng kerupuk minyak goreng dalam teflon tersebut dijemur di bawah terik matahari selama dua jam. "Setelah dirasa panasnya mencukupi, lalu kerupuk langsung digoreng," ungkapnya.

Panas Ekstrem Landa Pati, Warga Bisa Goreng Kerupuk di Halaman Tanpa Kompor




Kerupuk yang digoreng hasilnya bisa mekar dan mengembang dengan baik, bahkan renyahnya juga sempurna. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupati Pati, panas ekstrem telah terjadi selama kurun waktu dua bulan terakhir.

Diperkirakan cuaca panas ekstrem ini, masih akan berlangsung hingga pertengahan November mendatang. BPBD mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, dan cukup asupan cairan dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)