Sejarah dan Asal-usul Garut, Wilayah yang Terkenal dengan Jenang Dodol

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:55 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Garut, Wilayah yang Terkenal dengan Jenang Dodol
Sejarah dan asal-usul Garut. Foto/Tangkapan layar YouTube KANG ARIEF RACHMAT
A A A
JAKARTA - Sejarah dan asal-usul Garut menarik untuk diulas. Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini terkenal dengan makanan dodol.

Kabupaten Garut memiliki sejarah panjang terkait penamaan dibaliknya. Kota ini juga terkenal dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, serta kerajinan tangan yang berkualitas.

Berikut ulasan mengenai sejarah dan asal-usul Garut.

Sejarah dan Asal-usul Garut


Dilansir dari laman resmi Kabupaten Garut, sejarah dan asal usul garut dimulai pada tahun 1811. Pada saat itu Kabupaten Limbangan dibubarkan oleh Daendels dengan alasan produksi kopi di wilayah Limbangan menurun secara signifikan.



Kemudian, pada 16 Februari 1813, Letnan Gubernur di Indonesia yang saat itu dijabat oleh Raffles, mengeluarkan Surat Keputusan mengenai pembentukan kembali Kabupaten Limbangan. Kabupaten ini kemudian memiliki ibu kota di wilayah bernama Suci.

Meskipun Suci dipilih sebagai ibu kota, banyak yang merasa bahwa luas wilayahnya terlalu kecil untuk memenuhi persyaratan untuk menjadi ibu kota sebuah kabupaten.

Dalam rangka mencari wilayah yang lebih pas untuk dijadikan sebuah Kota Kabupaten, Bupati Limbangan Adipati Adiwijaya (1813-1831) membentuk panitia untuk dalam misi pencarian wilayah.

Awalnya, panitia menemukan wilayah bernama Cimurah, yang berlokasi di sekitar 3 km sebelah Timur Suci. Namun, mereka menemukan masalah ketidaktersediaan air bersih di sana.

Panitia kemudian mencari lokasi sekitar 5 km ke arah barat Suci dan menemukan tempat yang cocok. Lokasi ini memiliki tanah subur, mata air yang mengalir ke Sungai Cimanuk, serta pemandangan indah yang dikelilingi oleh berbagai gunung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)