Demo Masak Domba Batur Banjarnegara Meriahkan Trade Expo Indonesia di Banten

Kamis, 19 Oktober 2023 - 18:15 WIB
loading...
Demo Masak Domba Batur Banjarnegara Meriahkan Trade Expo Indonesia di Banten
Demo masak Domba Batur Banjarnegara meriahkan Trade Expo Indonesia di Banten. Foto/Istimewa
A A A
BANTEN - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 yang diselenggarakan di ICE BSD City Tangerang, Banten, Rabu (18/10/2023). Berbagai komoditas program Upland Project dari berbagai daerah ikut meramaikan TEI.

Jokowi berharap TEI 2023 jadi ajang yang memperluas dan meningkatkan pasar sehingga pengusaha, UMKM, dan industri produk lokal bisa semakin maju dan menjadi bagian penting dari rantai pasok global.

Di era globalisasi dan kompetisi yang semakin ketat semua rantai tersebut tidak boleh lengah. ”Kita tidak boleh hanya menjadi pasar, kita harus menjadi pelaku, harus menjadi produsen yang berdaya saing dan menguasai pasar,” kata Jokowi dalam pembukaan melalui video virtual.



Dia berharap forup TEI dapat memungkinkan eksportir Indonesia bertatap muka dengan potensial buyer yang ingin melihat produknya langsung dan melakukan negosiasi langsung.

”Apalagi saya dengar tahun ini juga difokuskan membuka peluang pasar dari non tradisional seperti Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika yang dilakukan secara offline dan online,” tambah Jokowi.

Produk yang ditampilkan terbagi dalam tujuh zona kategori yaitu manufaktur, fesyen dan aksesoris, kecantikan dan kesehatan, peralatan medis, mebel dan dekorasi, jasa digital, serta makanan dan minuman.



Pengelola Program UPLAND Project Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Farakka Sari mengatakan, berbagai macam jenis komoditas hasil pertanian binaan UPLAND Project didatangkan dari 13 daerah kelompok tani.

Selain hasil tani yang telah dikemas menjadi berbagai produk, UPLAND Project juga menggelar demo memasak Daging domba batur dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Para buyer diajak mencicip daging domba binaan UPLAND yang telah dihidangkan oleh koki di atas meja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4040 seconds (0.1#10.140)