alexa snippet

12 Titik Panas Terdeteksi di Riau, Inhu Diselimuti Kabut Asap

12 Titik Panas Terdeteksi di Riau, Inhu Diselimuti Kabut Asap
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sebanyak 12 titik panas atau hot spot di Provinsi Riau, Senin (7/8/2017). Kebakaran lahan dan hutan pun menempatkan Riau sebagai daerah terbanyak memiliki titik panas.

Berdasarkan pantauan satelit terra dan aqua, titik panas di Riau tersebar di empat kabupaten dan kota. Paling banyak ditemukan di Kabupaten Rohil dengan jumlah tujuh titik. “Titik api lainnya tersebar di Kabupaten Bengkalis dan Kampar masing-masing 2 titik dan Pelalawan 1 titik,” ucap staf BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi, Senin (7/8/2017).

Dia menegaskan, kebakaran hutan lahan lahan di Provinsi Riau juga telah berdampak pada jarak pandang. Di Kabupaten Inhu, jarak pandang akibat kabut asap menurun. “Jarak pandang di Inhu menurun karena tertutup kabut asap. Jarak pandangnya menurun menjadi 1 kilometer,” tuturnya.

Selain di Riau, kebakaran hutan dan lahan juga tersebar di lima provinsi lain di Pulau Sumatera. Posisi kedua kebakaran setelah Riau terpantau di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan jumlah delapan titik. “Hot spot lainnya tersebar di Provinsi Sumut 4 titik, Bangka Belitung 3 titik, Jambi 2 titik, dan Provinsi Lampung 1 titik,” tandasnya.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top