BMKG Prakirakan Hujan di Jabar Mulai Turun Akhir Oktober

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:31 WIB
loading...
BMKG Prakirakan Hujan di Jabar Mulai Turun Akhir Oktober
BMKG memprakirakan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Jawa Barat mulai akhir Oktober 2023. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Jawa Barat mulai akhir Oktober 2023. Hujan sangat dinantikan masyarakat setelah mengalami kemarau panjang, kekeringan dan krisis air bersih.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu menyatakan, fenomena El Nino diprakirakan berakhir hingga awal 2024. Namun tidak demikian di Jawa Barat.


Dia menyebut di wilayah Jawa Barat sebagian besar diperkirakan bulan November sudah masuk musim hujan.

"Data Kekeringan dampak El Nino saat ini kami mengacu pada data BPBD Provinsi maupun Kabupaten atau Kota sebagai koordinator kebencanaan wilayah," katanya.



Sementara puncak musim kemarau bervariasi dari September hingga Oktober. Kemudian disambut dengan prakiraan hujan di Jawa Barat yang bervariasi mulai dari pertengahan Oktober hingga Desember.

"Namun sebagian besar 81 persen wilayah Jawa Barat akan memasuki musim hujan pada November. Akhir Oktober sudah mulai ada hujan, dimulai Jawa Barat bagian tengah," imbuh dia.



Menurut dia, puncak El Nino berada pada Desember, namun puncak kemarau berada pada September hingga Oktober.

Terjadi perbedaan karena pada Oktober IOD berangsur netral dan angin monsun Australia/timuran sudah berbalik arah menjadi monsun Asia/baratan, sehingga bersifat menetralkan dampak dari El Nino.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)