Tiga Pembunuh Aktivis Papua Michele Kurisi Doga Ditangkap

Senin, 09 Oktober 2023 - 15:39 WIB
loading...
Tiga Pembunuh Aktivis Papua Michele Kurisi Doga Ditangkap
Pembunuhan terhadap aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga terungkap. Tiga pelaku berhasil ditangkap oleh Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2023. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Tiga pelaku pembunuhan aktivis perempuan Papua, Michele Kurisi Doga di Kabupaten Lanny Jaya berhasil ditangkap oleh Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz 2023 pada 5 Oktober 2023. Ketiganya ditangkap di tiga lokasi berbeda.

Sedangkan empat orang pelaku lainnya masih buron dan masuk daftar pencarian orang (DPO).



"Tiga pelaku yang ditangkap yakni PM di Jayawijaya, AW di Jayapura, dan RK alias RM di Tolikara," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Senin (9/10/2023).



"Saat ini, ketiga terduga pelaku telah diamankan di Polda Papua untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut, sementara pihak berwenang terus menyelidiki kasus ini untuk mengungkap semua pihak yang terlibat dalam pembunuhan mengerikan ini," katanya.

Benny mengatakan, empat orang terduga pelaku lainnya telah masuk daftar pencarian orang.

"KW (DPO), JW (DPO), DW (DPO), dan K (DPO). Mereka semua diduga merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang secara aktif menyebarkan propaganda negatif tentang isu Papua di media sosial," kata Benny.



Sementara, berdasarkan hasil penyelidikan awal, lanjut dia, kasus ini diduga merupakan pembunuhan berencana yang dilakukan oleh tujuh terduga pelaku tersebut.

Sebagai informasi, Aktivis Perempuan Papua, Michele Kurisi Doga menjadi korban pembunuhan di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya pada 28 Agustus 2023.

Dia diserang oleh sekelompok orang dengan menggunakan pisau dan kayu. Bahkan, aksi tersebut direkam oleh para pelaku dan disebarluaskan melalui sosial media Facebook.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)