Ini Kata Ridwan Kamil soal Air PDAM Tirtawening yang Berwarna Merah

Minggu, 16 Juli 2017 - 19:01 WIB
Ini Kata Ridwan Kamil soal Air PDAM Tirtawening yang Berwarna Merah
Ini Kata Ridwan Kamil soal Air PDAM Tirtawening yang Berwarna Merah
A A A
BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai, penyebab air PDAM Tritawening Kota Bandung yang berubah warna menjadi merah bukan diakibatkan dari produksi air milik PDAM. Menurut dia, dari 500 pelanggan air PDAM yang ada di kawasan Jalan Panjunan, Gang Hidayah, RT1/6, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung tidak mengalami perubahan warna. Dia menyebutkan, perubahan warna hanya terjadi di lima rumah milik warga yang lokasinya berbeda.

"Air yang merah itu, bukan dari PDAM. Kalau masalahnya ada di PDAM, di daerah tersebut ada 500 rumah yang terkontaminasi. Ini, cuma lima yang terkena," ujar Emil saat menghadiri acara Halal Bihalal Relawan Emil di Citylink, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/7/2017)

Emil menduga, kemungkinan masalahnya hanya di tiga rumah. Karena, PDAM melayani 500 rumah tapi pelanggan yang lain tak ada masalah.

"Jadi kalau ada masalah di tiga unit yang ngaclok-ngaclok (lokasi beda), itu masalah ketetanggaan. Bukan masalah dari PDAM-nya," katanya.

Berdasarkan penelusuran sementara, kata dia, penyebab kejadian itu dipastikan bukan karena kebocoran pipa. "Informasi terbaru dari PDAM, sudah ditelusuri (PDAM Tirtawening) tidak ada kebocoran pipa," katanya.

Sebelumnya, sejumlah warga pelanggan PDAM Tirtawening di tiga rukun warga (RT), Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung mengeluhkan kondisi warna air yang berwarna merah, Jumat 14 Juli 2017.

Salah seorang Warga Gang Hidayah, RT3/6, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Astanaanyar, Amid (56) mengatakan, air yang bersumber dari PDAM Tirtawening berwarna merah. Kondisi air itu baru diketahui berubah warna sejak Kamis 13 Juli 2017 sekitar pukul 18.00 WIB. "Saya baru tahu airnya berubah warna jadi merah saat hendak wudhu, salat Magrib," kata Amid.

Amid mengatakan, kondisi air berubah warna ini baru terjadi sekarang setelah 20 tahun menjadi pelanggan PDAM Kota Bandung.

"Baru sekarang kejadian seperti ini. Itu juga, saya tidak tahu sejak kapan airnya berubah warna menjadi merah," katanya.

Selama ini, kata Amid, dia selalu menampung air PDAM di penampungan. Sehingga tidak diketahui sejak kapan air tersebut menjadi merah.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8188 seconds (0.1#10.140)