Begini Kisah Buruh Pikul Mengejar Rezeki di Pelabuhan Belawan

Jum'at, 07 Juli 2017 - 05:52 WIB
Begini Kisah Buruh Pikul Mengejar Rezeki di Pelabuhan Belawan
Begini Kisah Buruh Pikul Mengejar Rezeki di Pelabuhan Belawan
A A A
BELAWAN - Para buruh pikul (buruh bagasi) di Pelabuhan Belawan ini harus saling mengejar calon penumpang kapal yang akan berangkat naik keatas kapal, jika ingin mendapatkan rezeki untuk memikul barang bawaan calon penumpang kapal.

Buruh bagasi di Pelabuhan Belawan ini tidak memikirkan resiko kecelakaan, atau mengenal lelah demi mendapatkan uang untuk keluarga dirumah.

Begitu melihat adanya calon penumpang kapal turun dari bus atau pun mobil, para buruh ini berlomba mengejarnya agar mendapatkan mengangkut barang mereka untuk dipikul naik ke atas kapal.

Bila terlambat, bisa saja mereka tidak mendapatkan barang untuk diangkut, sehingga tidak mendapatkan uang untuk dibawa ke rumah.

Seperti yang diungkapkan Fendi Silitonga (48), yang sudah 20 tahun menekuni profesi buruh bagasi. Menurutnya, bila kapal masuk tidak pada mudik lebaran dirinya tidak mendapatkan rezeki untuk mengangkut barang.

"Tapi mudah-mudahan arus mudik mau pun balik lebaran tahun ini, bisa mendapatkan rejeki sebesar Rp.100.000 hingga Rp.250.000," katanya.

Sementara itu buruh lainnya Jhoni Simanjuntak (52) mengatakan, bekerja sebagai buruh pikul atau buruh bagasi di Pelabuhan Belawan memang bukan pilihan.

"Tapi tidak ada lagi pilihan untuk menghidupi keluarga. Mengenai penghasilan, jika ada penumpang yang baik, terkadang suka memberi Rp100.000 atau Rp1500.000. Tapi banyak yang memberi sesuai upah Rp50000," katanya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1790 seconds (0.1#10.140)