Pemkab HSU Terima Alokasi Dana Tahun Anggaran 2024 Senilai Rp1,33 Triliun

Rabu, 04 Oktober 2023 - 15:25 WIB
loading...
Pemkab HSU Terima Alokasi Dana Tahun Anggaran 2024 Senilai Rp1,33 Triliun
Pemerintah Kabupaten HSU terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2024 dari Kementrian Keuangan melalui KPPN Tanjung. (Foto: dok Pemkab HSU)
A A A
AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA tahun anggaran 2024 dari Kementrian Keuangan melalui perantara Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN Tanjung).

Serah terima DIPA tahun anggaran 2024 dilakukan langsung oleh Kepala KPPN Tanjung Sigid Mulyadi kepada Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Asswan yang didampingi Sekertaris Daerah HSU Adi Lesmana di Mess Negara Dipa pada Senin (2/10/2023).

Berdasarkan DIPA tahun 2024 tersebut, Pemerintah Kabupaten HSU menerima alokasi dana tranfer sebesar Rp1,33 triliun. Angka tersebut naik sekitar Rp224 miliar atau 20,23 persen dibandingkan tahun lalu.

Sigid Mulyadi berharap dengan diserahkannya DIPA ini, Pemkab HSU dapat segera memasukkan rencana program kerja ke dalam APBD induk 2024, khususnya yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sehingga realisasinya dapat segera terlaksana.

"Karena tahun ini tidak ada, Insya Allah tahun depan akan ada dana insentif untuk HSU sebesar Rp7,7 miliar. Dengan adanya data ini, data alokasi fisiknya. Mudah-mudahan dapat segera masuk ke dalam APBD induk dan bisa dilaksanakan diawal tahun 2024 tanpa menunggu pergeseran anggaran," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kinerja Pemkab HSU yang telah meningkatkan realisasi anggaran tahunannya, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

la juga memuji penyaluran dana desa di Kabupaten HSU termasuk yang tertinggi di Kalimantan Selatan, terkait kecepatan penyaluran dana desa. "Harapan kami untuk tahun ini dana desa bisa kembali, artinya HSU bisa kembali meraih penghargaan terkait kinerja dana desanya," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Zakly Asswan berharap agar disamping realisasi yang dapat dipercepat, penggunaan alokasi anggaran juga diharapkan tepat pada sasaran.

Selain itu, Zakly juga mendorong SKPD-SKPD agar dapat terus meningkatkan kinerja bagi kemajuan pembangunan di wilayah Kabupaten HSU.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)