Gubernur Khofifah Ingatkan Koperasi Sekolah Dilarang Jual Seragam

Rabu, 04 Oktober 2023 - 08:13 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Ingatkan Koperasi Sekolah Dilarang Jual Seragam
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa saat melantik 184 kepala SMA/SMK dan SLB se Jatim di Gedung Negara Grahadi. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa melantik 184 kepala SMA/SMK dan SLB se Jatim di Gedung Negara Grahadi. Dalam pelantikan tersebut, orang nomor satu di Jatim itu meminta kepala sekolah meningkatkan prestasi dan menjaga integritas.

"Apa yang terjadi baru-baru ini, seluruh prestasi pendidikan kita seolah-olah dinafikkan ketika ditemukan penjualan seragam di salah satu koperasi sekolah yang lebih mahal dibanding pasar. Dalam waktu sehari surat edaran saya minta dikeluarkan oleh kepala dinas. Di mana koperasi harus tetap berjalan dan untuk sementara jangan menjual seragam di sekolah. Ini penting untuk terus di sosialisasikan dan ditaati oleh kepala sekolah," kata Khofifah, Selasa (3/10/2023).

Khofifah juga meminta kepala sekolah terus menjaga prestasi. Ia menyebut, sejak tahun 2020, peserta didik Jatim paling banyak diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa tes. Kemudian, dilanjutkan pada tahun 2021-2023 peserta didik juga diterima PTN baik jalur SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), UTBK-SNBT dan KIP tertinggi di seluruh Indonesia.

"Tentu semangat kepala sekolah dan tim harus terus berkobar. Dan kita harapkan juara umum LKS LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK pada bulan Oktober ini dimana Jatim menjadi tuan rumah, bisa direbut Jatim," urainya.



Terkait pelantikan, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan, pelantikan ini terbagi menjadi dua jenis rotasi. Yakni pertama promosi. Jabatan ini untuk mengisi kekosongan satuan pendidikan yang kepala sekolahnya sudah pensiun atau meninggal dunia.

Kedua mutasi, agar satuan pendidikan mendapat penyegaran, peningkatan status dari sekolah dan evaluasi. "Kemarin mungkin ada gejolak berbagai hal tentu ada evaluasi. Karena tidak mungkin terus ada kekosongan lama dan harus ada penyegaran," terangnya.

Pj Wali Kota Batu ini juga menyebut, ke-184 kepala sekolah tidak seluruhnya menempati satuan pendidikan. Hanya 70-an sekian yang akan menempati kosongan jabatan kepala sekolah yang diisi oleh calon kepala (cakep) sekolah. Mereka berasal dari guru penggerak namun telah memiliki sertifikasi cakep. "Nah ini dinamakan rotasi promosi," tambah Aries.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2568 seconds (0.1#10.140)