Suasana Open House Lebaran Gubernur Jawa Barat Aher

Minggu, 25 Juni 2017 - 21:24 WIB
Suasana Open House Lebaran Gubernur Jawa Barat Aher
Suasana Open House Lebaran Gubernur Jawa Barat Aher
A A A
BANDUNG - Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan dan daerah di Jawa Barat berbondong-bondong datang ke Gedung Negara Pakuan Kota Bandung. Mereka ingin bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Seusai melaksanakan salat Idul Fitri 1438 Hijriah yang digelar di lapangan Gasibu Bandung, Gubernur yang akrab disapa Aher itu memang selalu melakukan tradisi setiap tahunnya, yaitu open house Lebaran di rumah dinasnya. Menurut Aher, menggelar open house di hari pertama Lebaran dapat lebih membangun kedekatan dengan masyarakat.

"Ini bagian dari silaturahim, kalau silaturahim satu-persatu ketuk pintu tentu sangat sulit dan memerlukan waktu tapi ketika ada momentum Lebaran kita buka pintu silaturahim tersebut sehingga masyarakat dari manapun berasal bisa hadir bersama kita," ujar Aher, di rumah dinasnya, Bandung, Minggu (25/6/2017).

Dalam kesempatan itu, istri Gubernur dan Wakil Gubernur turut mendampingi. Masyarakat pun antusias bersalaman. Mereka berbaris hingga ke luar ruangan menunggu giliran bersalaman dan berfoto.

"Ini kan undangan umum tidak ada satupun yang diundang khusus jadi siapapun boleh datang ke sini dan selalu ramai seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, suasana ceria dan rasa toleransi antarumat beragama yang tinggi tampak terlihat saat itu. Pendeta dan uskup dari berbagai gereja di Kota Bandung pun turut bersilaturahmi dan saling memaafkan.

"Kalau uskup dan pendeta biasa ya selalu hadir, kita juga ada prosesi saat Natal kita biasa ngontrol di lapangan untuk menjamin rasa aman, ternyata mereka juga luar biasa pada kita saat lebaran mereka juga datang, ini bukti rasa toleransi kita sangat tinggi," katanya. (Baca: Setelah Salat Idul Fitri, Aher Open House di Gedung Negara Pakuan)

Menu makanan Lebaran khas Jabar pun tak ketinggalan disajikan di setiap sudut ruangan, seperti opor ayam, gulai, empal gentong, baso tahu, sate, kebab, dan masih banyak lagi cita rasa sajian khas Jawa Barat. Ditanya mengenai makanan favoritnya saat Lebaran, Aher mengaku menggemari menu makanan yang serba dadakan dan sayur asam.

"Menu favorit saya sih sederhana saja sayur asam tapi sayang lebaran gak ada sayur asam ya, atau masakan dadak-dadakan seperti ikan hasil mancing langsung di goreng atau bakar," katanya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2997 seconds (0.1#10.140)