Momen Maulid Nabi Muhammad SAW, TGB Ajak Santri Biasakan Qiyamul Lail

Jum'at, 29 September 2023 - 08:18 WIB
loading...
Momen Maulid Nabi Muhammad SAW, TGB Ajak Santri Biasakan Qiyamul Lail
Ketua Umum Pengurus Besar NWDI TGB Muhammad Zainul Majdi mengajak para santri di NTB untuk gemar bangun malam dan salat tahajud. Foto/MPI/Edy Gustian
A A A
LOMBOK TIMUR - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) TGB Muhammad Zainul Majdi mengajak para santri di NTB untuk gemar bangun malam dan salat tahajud.

TGB menyampaikan hal itu saat menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di GOR Hamzanwadi, Pancor, Lombok Timur. Menurut TGB, qiyamul lail untuk menunaikan salat tahajud itu penting dilakukan oleh kaum santri.



Membiasakan diri untuk melaksanakan salat Sunah itu dinilai sebagai salah satu cara mengolah spritualitas.

”Meskipun salat tahajud itu Sunah, tapi itu merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Terutama bagi para santri yang menuntut ilmu,” ujar cucu Pahlawan Nasional Al-Magfurullah TG KH Muhammad Zainuddin Abdul Majid ini pada Kamis (28/9/2023).

Dia memaparkan beragam manfaat qiyamul lail. Salah satunya mempercepat masuknya ilmu yang ditimba di Pondok Pesantren. Dia menceritakan bagaimana pengalaman Maulana Syech TG. K.H Muhammad Zaiunuddin Abdul Majid saat menimba ilmu di Solatiyah.

”Dulu Al-Magfurullah Maulana Syech pernah bercerita bagaimana mudahnya beliau menghafal dan cepat paham akan ilmu lantaran gemar salat Tahajud,” ungkapnya.



Membiasakan diri untuk mengamalkan qiyamul lail dengan salat tahajud 11 rakaat ditutup dengan salat witir sangat bermanfaat bagi kehidupan.

”Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā. Dan pada sebahagian malam hari tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Allah SWT mengangkat kamu ke tempat yang terpuji,”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3044 seconds (0.1#10.140)