Kobaran Api Melalap Hutan Pinus Malino hingga Menimbulkan Asap Pekat

Kamis, 28 September 2023 - 19:24 WIB
loading...
Kobaran Api Melalap...
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda kawasan wisata hutan pinus di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Foto/iNews TV/Bugma
A A A
GOWA - Asap pekat menyelimuti kawasan wisata hutan pinus Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (28/9/2023). Asap pekat itu, dipicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda kawasan hutan pinus.



Kobaran api yang sangat besar, ditambah dengan hembusan angin kencang, mengakibatkan karhutla dengan cepat meluas hingga mendekati permukiman warga. Kobaran api terlihat jelas di sepanjang Jalan Pendidikan, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.



Kondisi lahan yang sangat kering akibat musim kemarau, juga menjadi pemicu karhutla cepat meluas dan sulit dipadamkan. Besarnya kobaran api, dan kepungan asap pekat membuat warga yang tinggal di dekat kawasan hutan tersebut dilanda kepanikan.



Jarak pandang menjadi semakin berkurang, karena kondisi kawasan tersebut diselimuti asap pekat. Para pengendara kendaraan bermotor, diimbau untuk mengurangi kecepatan dan berhati-hati karena sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Kobaran Api Melalap Hutan Pinus Malino hingga Menimbulkan Asap Pekat




Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa, Rostam Jazak mengatakan, tim pemadam kebakaran telah diturunkan ke lokasi karhutla untuk melakukan upaya pemadaman. "Dari laporan yang kami terima, luasan lahan yang mengalami karhutla mencapai delapan hektare," ungkapnya.
(eyt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2524 seconds (0.1#10.140)