Cerdaskan Pemilih Pemula dan Muda, KPU Sambangi Universitas Palangka Raya Kalteng

Jum'at, 22 September 2023 - 13:59 WIB
loading...
Cerdaskan Pemilih Pemula dan Muda, KPU Sambangi Universitas Palangka Raya Kalteng
KPU menggelar sosialisasi pendidikan pemilih bertema KPU Goes to Campus School dan Pesantren di Universitas Palangka Raya (UPR), Kalteng. Foto/Ist
A A A
PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula dan muda pada Pemilu 2014 terus digalakkan. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi pendidikan pemilih bertema KPU Goes to Campus School dan Pesantren yang berlangsung di Universitas Palangka Raya (UPR), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Natalina Asi, jajaran Sekretariat UPR, jajaran Sekretariat KPU Kalimantan Tengah, serta mahasiswa dan mahasiswi FISIP UPR.



Kepala Bagian Pendidikan Pemilih Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Setjen KPU Arif Maruf menyampaikan, KPU Goes to Campus School dan Pesantren merupakan upaya memberikan kesadaran bagi pemilih pemula dan muda untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.



"Sekaligus berperan menjadi agen sosialisasi yang memberi dampak bagi masyarakat, serta meningkatkan partisipasi pemilih secara kuantitas dan kualitas,” ujar Arif Maruf dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik UPR Natalina Asi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KPU yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat, khususnya bagi pemilih pemula dan muda.

Direktur Eksekutif Algoritma Phil Aditya Perdana yang menyampaikan materi tentang demokrasi, pemilu, pemilih muda, dan peran aktif generasi muda, mengingatkan bahwa mahasiswa bukan hanya berperan sebagai pemilih pemula dan muda, tetapi juga warga negara yang aktif.



Anggota KPU Kalimantan Tengah Divisi Sosialisasi Pendidkan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Harmain menambahkan, program KPU Goes to Campus School dan Pesantren akan berlangsung di 9 provinsi, salah satunya Kalimantan Tengah.

Program ini menyasar pemilih pemula dan muda, mengingat jumlahnya pada Pemilu 2024 mencapai 55 persen.

“Di Kalimantan Tengah pemilih pemula dan muda mencapai 61 persen. Oleh karena itu kami menganggap sangat penting keberadaan para pemilih pemula dan muda ini,” tandas Harmain.

Adapun 8 provinsi lain yang akan menyelenggarakan KPU Goes to Campus School dan Pesantren, yakni Maluku, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan DKI Jakarta.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)