Kebakaran Gunung Arjuno Berulang, Titik Api Baru Muncul di Blok Curah Lirang

Senin, 18 September 2023 - 20:59 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Arjuno Berulang, Titik Api Baru Muncul di Blok Curah Lirang
Kebakaran Gunung Arjuno kembali berulang. Kali ini titik api muncul di sekitar Blok Curah Lirang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jatim, Senin (18/9/2023). Foto/BPBD Kota Batu
A A A
KOTA BATU - Kebakaran Gunung Arjuno kembali berulang. Kali ini titik bara api muncul di sekitar Blok Curah Lirang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur yang terpantau pada Senin (18/9/2023).

Titik api kebakaran ditemukan setelah petugas melakukan penyisiran dan menemukan bara api serta kepulan asap.



"Tim pemadaman darat membuat sekat bakar dengan lebar kurang lebih 1,5 meter mengelilingi Blok Curah Lirang guna memberikan sekat agar kebakaran tidak meluas," kata Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu dalam laporan tertulisnya, Senin malam (18/9/2023).



Menurut Agung, tim kemudian melakukan penyisiran dari darat dan memantau kondisi di Bukit Tunggangan yang berada kawasan hutan Gunung Arjuno-Welirang. Dari sanalah tim gabungan menyusun proses pemadaman api melalui jalur darat.

"Hasil observasi dari tim pemadaman darat dengan dibuatnya sekat bakar mengelilingi Blok Curah Lirang kebakaran dapat teratasi, dan tim pemadaman darat memastikan sudah tidak ada bara api," terangnya.

Namun untuk memastikan kembali, rencananya pada Selasa besok (19/9/2023) tim gabungan dari BPBD, TNI Polri, dinas pemadam, Tagana, petugas Taman Hutan Raya (Tahura), Perhutani, dan komunitas masyarakat sipil bakal kembali mengecek di kawasan Bukit Tunggangan.



"Rencana melakukan pemantauan secara visual Gunung Arjuno-Welirang di Bukit Tunggangan untuk direkomendasikan pada operasi hari berikutnya," tandasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4107 seconds (0.1#10.140)