Tingkatkan Kualitas, Pemandu Wisata Labuan Bajo Dilatih Geowisata

Senin, 18 September 2023 - 20:10 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas, Pemandu Wisata Labuan Bajo Dilatih Geowisata
BPOLBF menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepemanduan geowisata untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Foto/Ist
A A A
MANGGARAI BARAT - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepemanduan geowisata. Pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pelatihan ini juga untuk menangkap peluang serta persiapan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk melengkapi berbagai kebutuhan pembangunan daerah baik yang telah dilakukan pemerintah maupun investor di Labuan Bajo.



"Pelatihan ini diadakan untuk menangkap peluang percepatan pengembangan pariwisata di Labuan Bajo terutama sejak ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Begitu banyak pembangunan di sini, begitu banyak juga investasi di Labuan Bajo sehingga perlu ada SDM yang siap untuk dapat mengimbangi berbagai perkembangan yang begitu cepat ini," kata Kepala Divisi Investasi BPOLBF, Jaques Z Marbun dalam keterangannya, Senin (18/9/2023).



Program ini akan langsung dilanjutkan dengan Sertifikasi Kompetensi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bank Dunia dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Manggarai Barat, Pius Baut menyampaikan, selain untuk pengembangan diri, program pelatihan dan sertifikasi ini juga diharapkan dapat menjadi nilai tambah ketika harus bersaing di lapangan.

"Pelatihan ini bertujuan agar kita bisa berkompetisi. Kita harus memiliki kompetensi untuk bisa berkompetisi. Melalui pelatihan yang dilanjutkan dengan sertifikasi ini, maka kita punya bekal untuk berkompetisi di lapangan dengan yang lain," ujarnya.



Pius menambahkan, pemandu wisata termasuk Geowisata harus memiliki tiga kompetensi. Pertama, ilmu atau pengetahuan tentang destinasi, selanjutnya skill, dan terakhir attitude atau perilaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)