Wisata Gunung Bromo Resmi Dibuka Kembali setelah Kebakaran

Senin, 18 September 2023 - 15:42 WIB
loading...
Wisata Gunung Bromo Resmi Dibuka Kembali setelah Kebakaran
Kawasan Wisata Gunung Bromo resmi dibuka setelah proses pemadaman kebakaran dan pembasahan selesai. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Kawasan wisata Gunung Bromo resmi dibuka setelah proses pemadaman kebakaran dan pembasahan selesai. Pembukaan wisata ini juga dilakukan seteleh tim gabungan melakukan penyisiran demi keamanan, yang kemudian ditindaklanjuti dengan rapat koordinasi bersama instansi terkait dengan pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menyatakan, pembukaan aktivitas wisata diberlakukan mulai Selasa 19 September 2023 sejak pukul 00.01 WIB dini hari. Pembukaan dilakukan melalui empat pintu masuk kawasan Gunung Bromo.

"Kunjungan Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS), baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo dan Senduro Kabupaten Lumajang, telah dibuka untuk pengunjung terhitung mulai hari Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB," kata Septi Eka Wardhani, melalui keterangan tertulisnya, pada Senin sore (18/9/2023).

Menurut Septi, pembelian tiket masuk kawasan TNBTS dilakukan melalui metode online yang dapat diakses pada laman http://bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Petugas tidak melayani pembelian tiket secara offline atau langsung di seluruh pintu masuk.



"Tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali sitem booking online sedang bermasalah," ujarnya.

Septi menegaskan, bila calon wisatawan yang masuk kawasan taman nasional diwajibkan mematuhi seluruh aturan dan larangan yang berlaku di dalam area kawasan TNBTS, termasuk untuk tidak menyalakan bahan-bahan yang dapat mengakibatkan kebakaran seperti flare, petasan, maupun sumber-sumber api lainnya.

"Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan berlaku di dalam kawasan TNBTS yang tercantum di website booking online," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kawasan Wisata Gunung Bromo kembali ditutup total sejak Rabu malam (7/9/2023) kemarin pukul 22.00 WIB, pasca ada kebakaran di lahan Bukit Teletubbies pada Blok Savana Bukit Watangan. Diduga kebakaran akibat adanya aktivitas wisatawan yang menyalakan flare saat foto prewedding di kawasan Bukit Teletubbies.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5231 seconds (0.1#10.140)