Kebakaran Gunung Bromo Padam, Pengelola Pastikan Keamanan Area Wisata

Senin, 18 September 2023 - 11:37 WIB
loading...
Kebakaran Gunung Bromo Padam, Pengelola Pastikan Keamanan Area Wisata
Kebakaran di Gunung Bromo dinyatakan padam. Namun, aktivitas wisata belum dibuka. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Kebakaran di Gunung Bromo dinyatakan padam. Meski demikian aktivitas wisata belum juga dibuka karena masih melakukan penyisiran dan pembasahan titik-titik api.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) Hendro Widjanarko menjelaskan, belum mengetahui kapan wisata Gunung Bromo kembali dibuka.

Sebab pembukaan kembali aktivitas wisata harus melihat kondisi secara menyeluruh dan melibatkan beberapa pihak, dalam sebuah rapat koordinasi.



”Untuk membuka kembali Gunung Bromo kita masih harus memastikan bahwa api sudah tidak ada, dan lokasi kebakaran sudah dingin. Ini perlu dilakukan karena untuk keamanan pengunjung juga,” kata Hendro kepada wartawan, Senin (18/9/2023).

Kapannya rapat itu bisa dilakukan, Hendro belum mengetahui. Sebab, menunggu evaluasi bersama, termasuk tim gabungan yang melakukan penyisiran di lapangan. Namun hasil penyisiran dilakukan usai dan dipastikan aman, kemungkinan pembukaan wisata segera dilaksanakan.

”Prinsipnya kita secepatnya akan membuka Gunung Bromo. Tapi perlunya dilakukan rapat koordinasi kembali. Jadi kita rapat evaluasi, apakah akan benar-benar aman. Kalau memang siap maka akam segera kita buka,” paparnya.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) BB-TNTBS Septi Eka Wardhani menyatakan, di hari Senin ini tim masih fokus penyisiran area-area yang sebelumnya terbakar.

”Alhamdulillah semua sudah padam, dan hari ini sudah tidak ada lagi pemadaman. Tim kami tetap melakukan penyisiran dan pendinginan,” ucap Septi Eka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)