Komunitas Sopir Ganjar Edukasi Gerakan Senam Atasi Lelah Berkendara

Senin, 18 September 2023 - 12:02 WIB
loading...
Komunitas Sopir Ganjar Edukasi Gerakan Senam Atasi Lelah Berkendara
Relawan KST Jatim menggelar Senam Sehat di Desa Paloh, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Minggu (17/9/2023) malam. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LAMONGAN - Komunitas Sopir Truk (KST) menggelar Senam Sehat di Desa Paloh, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Minggu (17/9/2023) malam. Para peserta diajarkan gerakan senam sederhana untuk mengurangi kelelahan setelah melakukan perjalanan selama berjam-jam.

"Melakukan peregangan otot, senam-senam ringan biar otot tidak terlalu kaku. (Kegiatan itu dilakukan) di tempat-tempat dan sedikitnya waktu lelah (saat beristirahat) itu kita melakukan di mana pun," kata salah seorang instruktur senam, Kasyanto.

Menurutnya, aktivitas berkendara dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit serius bagi seorang sopir truk. Misalnya nyeri sendi, punggung, penyakit jantung hingga meningkatkan risiko kematian dini.

Bahkan penelitian dari University of Leicester menunjukkan menyetir dalam waktu lama dapat membuat daya kerja otak melemah dan tingkat kecerdasan menjadi menurun. Selain rutin berolahraga, Kasyanto juga memberikan beberapa kiat untuk menjaga stamina dan kesehatan yang berguna bagi para sopir.

"Terutama, minum air (mineral) yang banyak. Jangan lupa juga minum suplemen yang berguna untuk tubuh dan jangan lupa itu istirahat yang cukup," lanjutnya.

Selain mengajak untuk berolahraga, para relawan Ganjar Pranowo ini juga turut menyosialisasikan bacapres Ganjar Pranowo kepada para peserta senam sehat. "Juga program-program Pak Ganjar sebelumnya di Jawa Tengah," kata Korwil KST Jatim Nasrudin.

Menurutnya, kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang positif dari warga khususnya para sopir truk. Hal itu dinilai sebagai bentuk dukungan mereka untuk Ganjar menjadi Presiden Indonesia selanjutnya.

"Sambutan dari warga Desa Paloh sini sangat baik, antusias banget untuk Pak Ganjar. Mereka Insyaallah mendukung dan memilih Pak Ganjar dalam Pilpres 2024," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)