Akses Jalan Terputus Akibat Longsor 2.500 Warga di Kendal Terisolir

Senin, 24 April 2017 - 14:46 WIB
Akses Jalan Terputus Akibat Longsor 2.500 Warga di Kendal Terisolir
Akses Jalan Terputus Akibat Longsor 2.500 Warga di Kendal Terisolir
A A A
KENDAL - Sedikitnya 2.500 warga Desa Kaliputih, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terisolir setelah akses satu-satunya tergerus longsor. Jalan sepanjang 50 meter di desa tersebut terbawa longsor dengan kedalaman hampir 30 meter. Warga terpaksa memutar arah untuk bisa keluar dari Desa Kaliputih.

Muhtamin warga setempat mengatakan, jalan yang tergerus longsor berada di Desa Kaliputih, Kecamatan Singorojo, merupakan akses satu-satunya menuju Kendal.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak Minggu sore 23 April. Joko warga sekitar yang melintas di jalan tersebut sudah mengetahui pohon di atas bukit bergerak.

Dia yang sedang mengemudi mobil berhenti dan sesaat kemudian jalan tergerus longsor hingga terputus. Beruntung tidak ada yang melintas saat jalan tergerus longsor.

Putusnya jalan ini mengakibatkan aktivitas warga terganggu dan tidak bisa keluar dari desa tersebut. Sejumlah warga yang mengendarai sepeda motor terpaksa memutar arah mencari jalan lain yang jaraknya lebih jauh. Jika biasanya hanya 15 kilometer namun jika memutar bisa mencapai 30 kilometer lebih.

Warga yang hendak keluar dari desa terpaksa berjalan kaki melintasi bukit yang curam dan licin. Rencananya warga bersama dengan aparat TNI dan BPBD Kendal akan membuka akses jalan darurat untuk pejalan kaki dan sepeda motor agar aktivitas warga normal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2420 seconds (0.1#10.140)