Seekor Pesut Ditemukan Mati di Jaring Nelayan

Rabu, 19 April 2017 - 20:15 WIB
Seekor Pesut Ditemukan Mati di Jaring Nelayan
Seekor Pesut Ditemukan Mati di Jaring Nelayan
A A A
ROKAN HILIR - Seekor ikan Pesut (Lumba-Lumba air tawar) ditemukan sudah mati tersangkut di jaring nelayan di Perairan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau. Pesut yang ditemukan mati itu memiliki panjang 1,5 meter dan berat 38 kilogram (Kg).

Komandan Kapal Polisi IV Polair Polres Rohil, Brigadir Ali Usman Daulay mengatakan, bangkai Pesut itu diserahkan oleh para nelayan ke Pos Polisi Air. Warga mengaku saat mencari ikan, jaring mereka mendapatkan Pesut tersebut.

"Pesut itu sudah diserahkan ke pos polisi. Namun, saat diserahkan kondisinya sudah mati. Saat ditemukan ada bekas luka di bagian sirip yang diduga akibat kena jaring. Jadi bukan karena kesengajaan. Sekarang bangkainya sudah kita kubur,"ucap Brigadir Ali Usman Daulay, Rabu (19/4/2017).

Pada bulan lalu nelayan juga menemukan seekor Pesut di Perairan Sinaboi, Rohil. Saat ditemukan ikan tersebut juga sudah mati. "Sudah ada dua kali penemuan Pesut di Perairan Rohil," ucap Ali.

Pada 1970-an Kabupaten Rohil terkenal sebagai daerah penghasil ikan di Indonesia. Di Perairan Rohil juga hidup berbagai spesies ikan Pesut. Namun belakangan spesies langka itu jadi perburuan sebagian masyarakat karena dianggap bisa untuk obat 'kejantanan'.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)