Jambi Diselimuti Kabut Asap, Dansatgas Karhutla Pastikan Berasal dari Sumatera Selatan

Rabu, 06 September 2023 - 12:14 WIB
loading...
Jambi Diselimuti Kabut Asap, Dansatgas Karhutla Pastikan Berasal dari Sumatera Selatan
Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, Brigjen TNI Supriono. Foto/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi, Brigjen TNI Supriono memastikan asap yang menyelimuti Jambi beberapa hari terakhir berasal dari Sumatra Selatan.

"Ya Jambi timbul asap, tapi tidak separah daerah lain. Asap kita berasal dari angin selatan sehingga kita mendapat bagian asap dari selatan," jelas Supriono, Rabu (6/9/2023).

Supriono yang juga menjabat Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) ini mengatakan, kalau asap dari wilayah Jambi sendiri sebetulnya kurang.

"Walaupun ada sebagian besar mendapatkan kiriman, itu berasal dari wilayah selatan terutama dari Sumatera Selatan," tandasnya.



"Asap dari wilayah Jambi juga ke utara ke wilayah Pekanbaru. Ada juga mungkin wilayah kita sendiri, karena di udara kita tidak tahu. Namun kemungkinan tersebut kecil," tambahnya.

Selama penanganan Karhutla di Provinsi Jambi, pihaknya selalu bersinergitas semua pihak, dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan lainnya.

"Dalam setiap terjadinya kebakaran di wilayah Jambi, Alhamdulillah berkat sinergitas kita dan respon cepat semua pihak, api bisa dikendalikan dan bisa dipadamkan," tutur Supriono.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kita tidak ingin, kejadian pada 2019 terulang kembali karena ada 106 ribu hektare lahan terbakar, ekonomi macet, udara tidak sehat dan kita di klaim dunia internasional," tuturnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)
pixels