Ridwan Kamil Terkenang Perjalanan 5 Tahun Pimpin Jabar

Selasa, 05 September 2023 - 22:39 WIB
loading...
Ridwan Kamil Terkenang Perjalanan 5 Tahun Pimpin Jabar
Ridwan Kamil mengaku sering kali terbayang perjalanan lima tahun membangun Provinsi Jabar. Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Perjalanan lima tahun membangun Provinsi Jabar, begitu terkenang di hati Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023, Ridwan Kamil. Dia mengaku, di akhir masa jabatannya sering kali terbayang rekam perjalanan selama membangun Jabar.



"Hampir setiap malam di akhir masa jabatan ini, setiap kali saya berbicara di depan publik, di dalam kepala saya bermunculanlah rekam-rekam perjalanan membangun Jawa Barat," ucap Ridwan Kamil dalam acara Malam Refleksi Kepemimpinan Jabar Juara di Hotel Pullman, Kota Bandung, Selasa (5/9/2023).



Dalam lima tahun membangun Provinsi Jabar, kata Kang Emil, dirinya tidak berjalan sendiri. Banyak relawan hingga masyarakat yang turut membantu mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin.



"Alhamdulillah saya tidak pernah sendiri membangun Jabar, semua pemangku kepentingan dan relawan dan masyarakat membantu saya sampai ke sini. Setiap langkah yang kita ambil, telah membentuk fondasi yang kokoh bagi kemajuan Jabar, karena kita membangun super team bukan super man," ungkapnya.

Kang Emil mengatakan, setiap kali menghadiri berbagai agenda kegiatan dirinya sering kali mendapat energi tambahan saat melihat masyarakat yang menyambutnya dengan wajah penuh kebahagiaan. "Namun, setiap perjalanan tidak melulu ada cerita yang suka cita, hati kami juga sering kali terkoyak menyaksikan langsung sedihnya luka yang dialami warga," katanya.

Lebih lanjut Kang Emil juga mengungkapkan, membangun Provinsi Jabar adalah sebuah kenangan yang akan selalu tersimpan di dalam hati. "Kita telah mengatasi berbagai rintangan dan tantangan, melahirkan keberhasilan dan menjalin ikatan yang tak tergantikan," imbuhnya.



Masalah demi masalah menurut Kang Emil menjadi bagian dari perjalanan membangun Jabar, tapi amanah selalu menjadi semangat untuk melangkah. "Berbagai ide program dan rencana di atas meja, kini terlaksana menjadi bukti nyata dalam bekerja menuju cinta yang luar biasa," ucapnya.

Kang Emil mengatakan, 555 penghargaan dan apresiasi telah dirinya terima selama lima tahun memimpin Jabar. Kendati demikian, hal itu bukan satu-satunya tujuan tapi demi menghadirkan kebermanfaatan semata.

"Memberikan manfaat untuk anak-anak sekolah, menghadirkan manfaat untuk petani-petani, menciptakan manfaat untuk pedagang pedagang, menghadirkan manfaat untuk mereka yang sakit, memanusiakan manusia kepada sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)