6 Fakta Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Jawa yang Jadi Tempat Kematian Soe Hok Gie

Selasa, 05 September 2023 - 11:45 WIB
loading...
A A A
Lokasinya berada di ketinggian 3.002 mdpl. Ini menjadikan Gunung Semeru sebagai tempat tertinggi ditemukannya arca kuno.

5. Punya Legenda Menarik


Dalam kitab Tantu Panggelaran dikisahkan Batara Guru (Shiwa) memerintahkan dewa Brahma dan Wisnu untuk mengisi pulau Jawa dengan manusia. Karena saat itu Jawa masih terombang ambing, Dewa Wisnu berencana untuk memindahkan Gunung Mahameru di India ke Jawa sebagai paku supaya pulau tersebut tetap berada di tempatnya.

Wisnu kemudian menjadi raja yang pertama yang berkuasa di pulau Jawa dengan nama Kandiawan. Ia mengatur pemerintahan, masyarakat, dan keagamaan. Dari sinilah Gunung Semeru dipercaya sebagian masyarakat Hindu dari Bali sebagai ‘Bapak’ dari Gunung Agung.

6. Menyimpan Banyak Kasus Kematian Pendaki


Sepanjang tahun 2015-2018 tercatat ada 13 kasus kecelakaan pendakian terjadi di Gunung Semeru dari total 75 kejadian. Kecelakaan paling sering terjadi adalah pada tahun 2015 dengan 6 kasus.

Selain kasus itu, Gunung Semeru juga menjadi lokasi peristiwa tragis yang dialami oleh penulis populer, Soe Hok Gie. Pada 1969, Soe Hok Gie meninggal di gunung tersebut setelah menghirup gas beracun di Puncak Mahameru.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)