6 Fakta Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Jawa yang Jadi Tempat Kematian Soe Hok Gie

Selasa, 05 September 2023 - 11:45 WIB
loading...
6 Fakta Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Jawa yang Jadi Tempat Kematian Soe Hok Gie
Ada beberapa beberapa fakta menarik tentang Gunung Semeru. Foto/Instagram @bbtnbromotenggersemeru
A A A
MALANG - Gunung Semeru adalah salah satu gunung merapi aktif yang punya pesona dan keindahannya tersendiri. Hal ini membuat banyak orang merelakan waktunya untuk melakukan pendakian di kawasan tersebut.

Gunung berapi ini secara administratif masuk ke dalam dua wilayah Kabupaten di Jawa Timur , yakni Malang dan Lumajang. Gunung ini juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Terdapat beberapa fakta menarik tentang Gunung Semeru. Mulai dari legenda yang ada di dalamnya hingga kasus populer yang pernah terjadi.

Fakta Menarik Gunung Semeru


1. Kawahnya Semburkan Asap 30 Menit Sekali


Puncak Gunung Semeru yang bernama Mahameru menyimpan sebuah kawah yang bernama Jonggring Saloka. Kawah tersebut tercatat menyemburkan asap setiap 30 menit sekali.



2. Gunung Tertinggi di Jawa


Puncak Mahameru diketahui memiliki tinggi capai 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Hal tersebut menjadikannya sebagai puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Selain itu, Gunung Semeru juga menjadi gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Provinsi Jambi dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB).

3. Simpan Keindahan Danau Ranu Kumbolo


Danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini memiliki luas sekitar 15 hektare. Keindahan danau yang menjadi ikon Gunung Semeru ini menjadi salah satu alasan kebanyakan pendaki ingin menjelajah ke gunung berapi tersebut.

4. Tempat Ditemukannya Arca Kuno


Tidak hanya kaya akan keindahan, Gunung Semeru juga menyimpan sejarah katrena terdapat sepasang arca kuno yang merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan kerap direpresentasikan sebagai simbol penolak bala.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5265 seconds (0.1#10.140)