alexametrics

Libur Idul Adha, Volume Kendaraan ke Arah Lembang Melonjak

loading...
Libur Idul Adha, Volume Kendaraan ke Arah Lembang Melonjak
Peningkatan volume kendaraan di wilayah Lembang terjadi pada libur Idul Adha 1441 H yang bertepatan dengan libur akhir pekan. SINDOnews/Adi
A+ A-
Peningkatan volume kendaraan di wilayah Lembang terjadi pada libur Idul Adha 1441 H yang bertepatan dengan libur akhir pekan.

Meskipun tidak mengakibatkan kemacetan yang cukup parah, namun petugas kepolisian dari Polres Cimahi tetap berjaga-jaga di titik-titik yang rawan macet.

Pantauan SINDOnews, petugas Satlantas Polres Cimahi terlihat di pertigaan Betrix yang menjadi pertemuan kendaraan dari Cimahi dan Bandung. Kemudian di pertigaan Jalan Grand Hotel dan perempatan Alun-alun Lembang. Termasuk juga di tempat-tempat wisata seperti Farmhouse dan The Great Asia Afrika.

"Pantauan kami di lapangan untuk volume arus kendaraan ada peningkatan sekitar 40% jika dibandingkan hari biasa," kata Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar, Jumat (31/7/2020).



Menurutnya untuk arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang masih dalam kategori normal. Namun kemacetan terjadi dari mulai perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung Barat.

Khususnya kendaraan dari arah Bandung yang menuju ke Lembang, hingga mencapai titik di depan pintu masuk objek wisata Farm House dan The Great Asia Africa.



Duddy memperkirakan kepadatan arus lalu lintas akan terus terjadi mengingat saat ini adalah bertepatan dengan akhir pekan.

Selain warga yang silaturahmi banyak juga mereka yang sekdar jalan-jalan menikmati suasana Lembang atau berwisata. Apalagi di wilayah Lembang banyak terdapat beragam pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi.

"Kami memprediksi kepadatan ini akan terjadi sampai Minggu dengan pengunjung didominasi dari luar kota seperti Jakarta, Bogor, Karawang, Cianjur, Purwakarta, dan Sukabumi," sebutnya. (Baca: Seolah Tak Mau Disembelih, Sapi di Bandung Ngamuk Lalu Masuk Parit).

Untuk mengatasi kepadatan kendaraan, pihaknya akan menyiapkan cara bertindak (CB) kanalisasi pengalihan arus dan pemberlakuan oneway. Seperti kalau ada kepadatan dari arah Lembang atau Bandung akan ada CB one way dan kanalisasi pengalihan arus. "Kami juga sudah pasang traffic cone dan siapkan water barrier," pungkasnya.
(nag)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak