Berkat Aplikasi Si Payung Emak KU, Pemprov Kalimantan Utara Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023

Senin, 04 September 2023 - 15:10 WIB
loading...
Berkat Aplikasi Si Payung Emak KU, Pemprov Kalimantan Utara Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023
Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mewakili Pemprov Kaltara menerima penghargaan Indonesia Awards 2023. (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) menerima penghargaan Indonesia Awards (IA) 2023 yang diserahkan langsung kepada Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang pada malam penganugerahan Indonesia Award 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo turut mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan. "Saya mengucapkan selamat kepada penerima Indonesia Awards 2023 dan iNews Media Group saya luncurkan hari ini,” ujarnya

Penghargaan Indonesia Award 2023 ini masuk ke dalam kategori Special Recognition of Outstanding Initiative atas inisiatif Si Payung Emak KU (Sistem Informasi Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak) oleh Pemprov Kalimantan Utara.

Ditemui usai acara, Zainal Arifin Paliwan mengungkapkan rasa syukur dan bangga terhadap pencapaian yang diraihnya untuk Pemprov Kaltara.

“Mewakili seluruh masyarakat Kalimantan Utara, kami mengucapkan terima kasih kepada Inews yang sudah memberi kepercayaan kepada kami untuk menerima penghargaan ini. Si Payung Emak Ku ini atas inovasi-inovasi yang dilakukan oleh beberapa OPD, khususnya OPD Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ada di digitalisasi Kalimantan Utara, membuat satu sistem pengaduan terhadap anak dan perempuan, melalui digital yang sudah dibuat,” ujar Zainal Arifin seusai menerima penghargaan.

Prestasi yang diraih dalam ajang penghargaan bergengsi ini tidak terlepas dari program strategis Gubernur Kaltara dalam melaksanakan program Sistem Informasi Pusat Layanan Pengaduan, Konsultasi dan Edukasi Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Kalimantan Utara atau Aplikasi Si Payung Emak KU.

Dengan adanya aplikasi tersebut, memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perlindungan perempuan dan anak, khususnya bagi korban kekerasan yang membutuhkan bantuan. Layanan tersebut bisa diakses dengan tidak harus datang ke kantor pusat, tapi cukup dengan mengunduh aplikasi yang bisa dilakukan dari rumah masing-masing.

"Memberi kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan kasus kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus dan masalah lainnya yang terjadi terhadap perempuan dan anak di Kalimantan Utara," ucap Gubernur Zainal Arifin

Program Aplikasi Si Payung Emak Ku
Aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Pengaduan, Konsultasi dan Edukasi Perlindungan Perempuan dan Anak (Si Payung Emak KU) ini dilaunching oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang.

Pelaksanaan program Inovasi Si Payung Emak Ku ini dimulai pada 2021 tetap dilanjutkan pada tahun 2022 hingga 2023 dengan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui APBD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2803 seconds (0.1#10.140)