Pemprov Kaltim Bawa Pulang Piala Indonesia Awards 2023 Berkat Program Beasiswa Kaltim Tuntas

Senin, 04 September 2023 - 14:25 WIB
loading...
Pemprov Kaltim Bawa Pulang Piala Indonesia Awards 2023 Berkat Program Beasiswa Kaltim Tuntas
Gubernur Kaltim Isran Noor saat melakukan doorstop di Indonesia Awards 2023. (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur berhasil membawa pulang piala penghargaan Indonesia Awards 2023 pada kategori Outstanding Award for Integrated Initiative atas Inisiatif Beasiswa Kaltim Tuntas. Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Gubernur Kaltim Isran Noor pada ajang Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Malam puncak penghargaan Indonesia Awards 2023 yang disiarkan secara Live di iNews dan melalui streaming di Vision+ dan RCTI+ ini turut dihadiri oleh Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Managing Director and CFO iNews Rafael Utomo, Direktur Pemberitaan MNC Group Prabu Revolusi, Direktur Sales dan Marketing iNews Media Group Esmal Diansyah, Direktur Programming iNews Khoiril Alam, Programming Production and Content Acquisitions Director MNC Vision Networks Endang Mayawati.

Acara ini juga dihadiri sejumlah menteri di antaranya, yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Penghargaan ini diberikan atas kesuksesan program Beasiswa Kaltim Tuntas yang telah dilaksanakan sejak 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. Diketahui dari data Badan Pengelola Beasiswa, penerima beasiswa telah mencapai 176.653 peserta dari berbagai jenjang, SD hingga S3. Diproyeksikan, jumlah penerima beasiswa dimungkinkan akan mencapai lebih dari 200 ribu peserta.

“Sementara ini jumlahnya seperti itu. Jumlah ini tidak mungkin berkurang, pasti akan bertambah hingga akhir tahun,” kata Gubernur Isran Noor dalam sebuah kesempatan.

Adapun jumlah dana yang sudah diberikan sampai saat ini mencapai Rp1,1 triliun. Angka tersebut, menurut Gubernur Isran Noor akan terus bertambah pada APBD Perubahan 2023. Pemprov Kaltim pun berencana akan kembali mengalokasikan anggaran untuk program Beasiswa Kaltim Tuntas sekitar Rp125 miliar.

“Program beasiswa adalah investasi jangka panjang. Kita harus menyiapkan aset masa depan untuk Kalimantan Timur dan Indonesia,” tuturnya.

Program beasiswa ini dilatarbelakangi dengan salah satu misi Kalimantan Timur Berdaulat 2023, yaitu mewujudkan kualitas SDM Kaltim yang mandiri, berdaya saing, dan berakhlak mulia. Karena itulah, Beasiswa Kaltim Tuntas hadir sebagai inovasi untuk membantu generasi muda Kaltim dalam mengenyam pendidikan sampai selesai. Guna mencakup semua jenjang pendidikan, program beasiswa ini terbagi menjadi tiga jenis di antaranya Kaltim Tuntas Mahasiswa, Kaltim Stimulan Mahasiswa, dan Kaltim Tuntas Siswa.
Pemprov Kaltim Bawa Pulang Piala Indonesia Awards 2023 Berkat Program Beasiswa Kaltim Tuntas

Program Beasiswa Kaltim Tuntas (Tangkapan layar pada laman beasiswa.kaltimprov.go.id)

Perbedaan ketiga jenis beasiswa ini adalah sasaran penerimanya. Di mana program Kaltim Tuntas Mahasiswa ditujukan untuk mahasiswa S1 dengan jumlah dana yang diberikan hingga tuntas masa perkuliahan sekitar Rp30 juta per mahasiswa. Sementara, program Kaltim Stimulan Mahasiswa memiliki sasaran para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3, termasuk di antaranya yang sedang berkuliah di luar negeri.

Sedangkan, program Kaltim Tuntas Siswa diperuntukan kepada para pelajar dari SD hingga SMA dengan nilai beasiswa Rp1,5 juta untuk siswa SD, Rp2 juta bagi siswa SMP, dan Rp2,5 juta untuk pelajar SMA/SMK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)