Debus Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh di Serang

Senin, 27 Maret 2017 - 13:50 WIB
Debus Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh di Serang
Debus Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh di Serang
A A A
SERANG - Kesenian debus meramaikan pawai ogoh-ogoh menjelang perayaan hari raya Nyepi tahun Caka 1939 di halaman Pura Eka Wira Anantha, Kota Serang, Banten. Perpaduan budaya tersebut menjadi daya tarik tersendiri pada perayaan Nyepi tahun ini.

"Budaya asli Banten kita kembangkan sama-sama, kita satukan leluhur kita ini supaya terjaga keharmonisan, secara nyata dan tidak nyata nya untuk kesejahteraan umat, selain itu mengangkat budaya Banten," kata pimpinan peguron Bandrong Jaya Laksana, Tb Sahibi, Senin (27/3/2017).

Pawai ogoh-ogoh, gunungan, debus hingga reog diarak berkeliling dari Pura Eka Wira Anantha melewati jalur protokol Kota Serang dan kembali ke lokasi acara.

Sementara itu, Ketua Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten Anak Agung Gede Anom S mengatakan, perayaan hari raya Nyepi tahun ini mengambil tema memelihara kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

"Ini tolerasi kita hubungan manusia dengan manusia, Tuhan dan alam. Ini ajaran toleransi besar dalam agama Hindu. Ini harus kita ciptakan dalam berbangsa dan bernegara," katanya.

Dia menjelaskan, diaraknya ogoh-ogoh sebagai simbol rasa syukur dan mempersembahkan kepada tuhan yang maha esa atas limpahan rizki, rahmat nikmat dan kesejahtraan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2737 seconds (0.1#10.140)